Angkatan 85, Spesialisasi Serse

Brigjen Drs Albertus Julius Benny Mokalu SH
Bengkulu bukanlah daerah baru bagi Brigjen Drs Albertus Julius Benny Mokalu, SH. Pria kelahiran Kupang 22 Juli 1959 ini pernah menginjakkan kaki di Bumi Raflesia dalam rangka kedinasan, tepatnya 2011 lalu.

Kini ia diamanahkan Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo untuk mengemban jabatan Kapolda Bengkulu menggantikan Brigjen Burhanudin Andi MH dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama bidang Sabhara Baharkam Polri.
Kemampuan lulusan AKABRI 1985 ini sudah tak diragukan lagi. Spesialisasi atau kejuruannya Serse. Karirnya terbilang cermerlang. Lantaran kerap sukses menjalankan amanah yang diembankan. Pangkat bintang satu disematkan di pundaknya, 3 Mei 2010 lalu. Kala itu, ia menjabat sebagai Kapus Penyiapan Kebijakan Laut Bakorkamla Mabes Polri.

Sebelumnya, Kapolda yang memiliki suku Minahasa itu, pernah menjabat sebagai Wadir II/Kor dan WCC Bareskrim Polri. Selain itu, Perwira Tinggi (Pati) itu, sempat menjabat sebagai Dir Samapta Polda Sumut, Kapolres Lombok Barat Polda NTB.   Pati yang menguasi 3 bahasan, yaitu Bahasa Ingris, Jawa dan Kupang, juga sempat menduduki jabatan fungsional, seperti Kabag Serse Tipikor Polda Sulsel, Kabag Samapta Polwil Bogor,  Wakapolres Sumedang Polda Jabar dan lainnya.

Sementara itu, kemarin seluruh pejabat utama  di Polda Bengkulu melakukan penjemputan terhadap Kapolda Bengkulu yang baru saja dilantik Kapolri di Mabes Polri.  Hari ini akan dilakukan penyerahan Pataka Polda Bengkulu. Rabu (26/9) mendatang dilanjutkan dengan acara mengantarkan Kapolda

Bengkulu yang lama ke bandara Fatmawati untuk bertolak ke Jakarta guna menjalankan tugas yang baru sebagai analisis Samapta Baharkam  Polri. ” Rangkaian kegiatan pisah sambut bapak Kapolda ini, cukup padat dan malam nanti akan pisah sambut di gedung daerah dengan Plt Gubernur Bengkulu,” ujar Kabid Humas, AKBP Hery Wiyanto, SH kemarin. (111)