Angkat Potensi Pariwisata

Rakernas Siwo PWI

BENGKULU,BE – Kehadiran tiga menteri di Bengkulu tak hanya menghadiri Rakernas Siwo PWI tapijuga beragam kegiatan. Diantaranya Gerakan Indonesia Bersih, penanaman pohon, Bengkulu Expo, Pesisir Pantai, dan kemah Pramuka, serta Jambore Pemuda Daerah. Kegiatan ini akan melibatkan ribuan orang. Ketiganya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu.
Kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Marie Elka Pangestu, sekaligus mencanangkan GIB (Gerakan Indonesia Bersoh) yang dipusatkan di Bengkulu. Menteri Pariwisata itu akan datang ke Bengkulu pada Sabtu (26/5) Pukul 17.30WIB bertolak ke Bengkulu setelah menghadiri gerak jalan Indonesiana di Yogyakarta, Jum’at (25/5). bersama rombongan berangkat ke Bengkulu Sabtu (26/5) Pukul 14.00WIB dijadwalkan tiba Pukul 17.30 WIB.
Setelah itu, Menteri Pariwisata melakukan ramah tamah bersama pejabat Pemerintah Provinsi Bengkulu dan peserta Rakernas Siwo PWI di Gedung Daerah. “Plt Gubernur akan melakukan ekspos pariwisata Provinsi Bengkulu,” kata Kadisbudpar Provinsi Darusalam.
Ia mengatakan selain mendengarkan arahan Menteri Pariwisata, Ketua Umum PWI Pusat Margiono juga akan berbicara mengenai pariwisata menuju internasional 2015 mendatang. “Kita minta beliau (Margiono) berbicara mengenai pariwisata untuk memberikan wawasan pembangun pariwisata di Bengkulu,” katanya.
Kemudian, Minggu (27/5) Pukul 07.00 WIB, Menteri Pariwisata akan mencanangkan Gerakan Indonesia Bersih. Gerakan ini akan melibatkan ribuan orang yang dipusatkan di depan Hotel Pasir Putih Pantai Panjang. “Setelah itu dilanjutkan lomba bersih pantai yang pesertanya adalah organisasi pelajar, mahasiswa, LSM dan pelaku pariwisata, SKPD-SKPD dan Organisasi masyarakat,” ujarnya.
Pukul 09.00 WIB hingga Pukul 11.00 WIB Marie Elka Pangestu akan membuka Bengkulu Expo dan Festival Pesisir Pantai Panjang. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke kelurahan penerima bantuan PNPM pariwisata diantaranya kelurahan berkas, kelurahan Anggut Atas, Kelurahan Lempuing, Kebun Keling. “Setelah itu, bu menteri akan kembali ke Jakarta,” ujarnya.
Sedangkan jadwal Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan datang ke Bengkulu Sabtu (26/5) pagi menggunakan pesawat pribadi. Menteri Kehutanan akan melakukan penanaman 1000 pohon di kawasan Pantai Panjang. Setelah itu akan menghadiri Rakernas Siwo PWI dan kegiatan Muhamadiyah di Bengkulu.
Sedangkan Menpora Andi Malarangeng dijadwalkan juga akan menghadiri Rakernas Siwo PWI. Kegiatan tersebut akan berlangsung pada 25-27 Mei 2012 di Hotel Grage Horizon. Diprediksi akan mengumpulkan sebanyak 3.500 undangan yang berasal dari dalam dan luar Provinsi Bengkulu. Kegiatan itu dipusatkan di objek wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu yakni sport centre dengan memanfaatkan panggung permanen milik pemerintah daerah. Acara juga disertai dengan seminar ekonomi bertema “Potensi Pariwisata Bengkulu Menuju Pasar Bebas ASEAN”. (100)