Anggota Kodim 0409/Rejang Lebong Bebas Narkoba

ARY/Bengkulu Ekspress Dandim saat memimpin langsung pengecekan urine anggotanya pada Senin (20/8) kemarin. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Pencegahan, Pemberatasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoban (P4GN) dijajaran Kodim 0409/Rejang Lebong.
ARY/Bengkulu Ekspress Dandim saat memimpin langsung pengecekan urine anggotanya pada Senin (20/8) kemarin. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Pencegahan, Pemberatasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoban (P4GN) dijajaran Kodim 0409/Rejang Lebong.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Guna memastikan anggotanya bebas dari peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, Senin kemarin (20/8), Kodim 0409/Rejang Lebong menggelar tes urine untuk anggotanya. Tes urine yang dilakukan oleh Kodim kemarin setelah dilaksanakan upacara mingguan di halaman Makodim 0409/Rejang Lebong.

Kegiatan tes urine tersebut dilakukan secara mendadak dan acak terhadap anggota Kodim 0409/ Rejang Lebong.

“Kita baru saja melakukan tes urine untuk memastikan tidak ada anggota Kodim 0409/Rejang Lebong ini yang terlibat Narkoba,” tegas Dandim, Letkol Kav Budi Wirman SSos saat dikonfirmasi usai acara Senin pagi kemarin.

Selain itu, menurut Dandim kegiatan pengecekan urine anggotanya tersebut merupakan bagian dari upayanya untuk mengantisipasi agar tidak ada anggotanya yang menggunakan Narkoba.

Dijelaskan Dandim, kegiatan yang mereka lakukan tersebut merupakan kegiatan rutin dalam upaya Pencegahan, Pemberatasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoban (P4GN) di jajaran Kodim 0409/Rejang Lebong.
Namun menurut Dandim, meskipun kegiatan tersebut adalah kegiatan rutin, namun untuk waktu pelaksanaannya tidak ditentukan atau kegiatannya dilakukan secara spontanitas serta pesertanya dilakukan secara acak, sehingga anggotanya tidak melakukan sejumlah persiapan untuk menghindari kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini tidak kita jadwalkan namun kita lakukan spontanitas, bahkan pesertanya tadi kita ambil secara acak,” tegas Dandim.

Dalam kegiatan tersebut, ada 30 anggota Kodim 0409/Rejang Lebong yang dites urinenya. Dari pengecekan tersebut Dandim mengaku sangat lega karena dari 30 anggotanya tersebut, tidak ada satupun yang positif mengkonsumsi Narkoba. Dimana dari tes urine yang dilakukan semuanya negatif.

Dandim menegaskan, bila nanti ada anggotanya yang terbukti baik menggunakan maupun terlibat dalam peredaran Narkoba, maka akan mereka proses sesuai dengan peraturan yang berlaku. Bahkan menurut Dandim, bila terbukti, maka tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pemecatan dengan tidak hormat.

“Narkoba ini adalah musuh negara, oleh karena itu bila ada anggota yang terlibat maka akan kita proses yang sanksinya bisa pemecatan,” sampai Dandim.

Kodim Gelar Shalat Ied

Di sisi lain, dalam kesempatan tersebut, Dandim juga menyampaikan jajarannya akan menggelar Salat Idul Adha di Lapangan Makodim 0409/Rejang Lebong pada Rabu (22/8) besok, oleh karena itu ia mengajak masyarakat Kota Curup untuk ikut bersama melaksanakan Salat Ied di Makodim 0409/Rejang Lebong.

“Untuk kurban ada lima ekor sapi yang telah disiapkan panitia, yang pemotongannya akan digelar pada Kamis (23/8) nanti,” demikian Dandim. (251/krn)