Anggarkan Rp 4,2 M untuk Damkar Kecamatan

TAIS, BE – Guna memenuhi kebutuhan kendaraan pemadam bencana kebakaran (PBK), tahun 2015 ini Pemkab Seluma melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengusulkan anggaran dana senilai Rp 4,2 milliar.
Uang miliaran itu akan digunakan untuk membeli tiga unit mobil damkar dengan harga satu unitnya sebesar Rp 1,4 milliar. “Anggarannya sudah disiapkan dan disetujui oleh DPRD Seluma dalam APBD tahun 2015 kemarin. Untuk saat ini telah masuk pada perencanaan dan kemudian barulah di lelang,” sampai Kepala BPBD Seluma Drs H Azwardi
Saat ini BPBD Seluma baru didukung satu unit mobil damkar saja yang ditempatkan di Kota Tais. Sehingga setelah nantinya dibeli sebanyak tiga unit lagi, akan ditempatkan di wilayah Kecamatan Sukaraja satu unit, kemudian di wilayah Talo satu unit dan di Kecamatan Semidang Alas (SA) ditempatkan di Kelurahan Pajar Bulan.
“Sehingga damkar ini bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat untuk menanggulangi setiap kebakaran yang terjadi di wilayah tersebut. Karena jika harus mengandalkan satu unit Damkar dari Tais, jelas tidak bisa maksimal,” ujar Azwardi.
Sementara petugas damkar sebanyak 41 orang, menurut Azwardi masih kurang untuk mengoperasikan empat unit damkar.
Jika ditetapkan jadwal piket, maka masing-masing anggota tidak mungkin ditugaskan lebih dari 24 jam. Jadi harus ada pergantian waktu untuk berjaga dan bertugas.
Sehingga BPBD Seluma akan melakukan perekrutan lagi personel petugas damkar untuk membantu kegiatan dan mengoperasionalkan mobil damkar.(333)