Anggaran Rp 80 M Lebih Disiapkan untuk LPJU di Sejumlah Titik Kota Bengkulu

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Misi Pemerintah Kota Bengkulu, dalam mewujudkan rencana pengadaan lampu penerangan jalan umum (LPJU) disetiap titik Kota Bengkulu bakal terlaksana. Meski APBD 2021 belum disahkan, namun dalam mata anggarannya terdapat puluhan miliar untuk LPJU yang akan dipasang di setiap ruas jalan di Kota Bengkulu. Hal tersebut mengingat dari hasil reses dewan, sebagian besar keluhan masyarakat adalah kurangnya penerangan pada jalan umum.

Hal tersebut dikatakan Ketua Komisi I DPRD Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain yang menjelaskan ada sekitar Rp 30 miliyar lebih mata anggaran di Dinas Perhubungan untuk pengadaan LPJU. Ditambah lagi, ada anggaran Rp 50 miliyar yang bersumber dari pinjaman bank BJB yang dialokasikan untuk LPJU.

“Sudah teranggarkan di Dishub. Nilainya Rp 80 miliaran lebih untuk pengadaan lampu jalan di Kota Bengkulu termasuk di pelosok-pelosok. Harapannya dengan anggaran tersebut, pengadaan LPJU itu bisa mengcover seluruh pelosok di Kota Bengkulu. Apalagi ada bantuan dari Kementerian ESDM juga. Insyallah bisa terlaksana,” ucap Teuku, Rabu (25/11).

Anggaran tersebut diharapkan bisa mencukupi pengadaan LPJU dari mulai bola lampu, tiang dan panel aliran listrik tenaga surya. Dengan begitu, program pengadaan LPJU untuk menerangi setiap titik jalan di Kota Bengkulu bisa terlaksana dan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekaligus menekan angka kriminalitas di malam hari. ( Imn)