Anggaran PU Capai Rp 150 Miliar

duit
foto : ist

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Anggaran pembangunan di Dinas Pekerjaan Umum 2019 hampir sebesar Rp 150 miliar. Anggaran tersebut dipastikan sudah disepakati Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Kepahiang bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kepahiang.

Anggota DPRD Kepahiang, Edwar Samsi SIP MM mengatakan, pembahasan ditingkat Banggar sudah tuntas. Dimana PU mengajukan anggaran Rp 174 miliar untuk tahun depan. DPRD pun melakukan pemangkasan sebesar Rp 25 miliar guna menutupi devisit anggaran yang terjadi.



“Yang jelas pembahasan di Banggar sudah selesai, sekarang kita tinggal menunggu OPD mengajakuan RKA,” terang Edwar.

Menurutnya, beberapa OPD harus dipangkas agar divisit anggaran bisa ditutupi. “Dinas Pertanian 19 M dikurang 4 Miliar, Dinas PU 174 miliar dikurang 25 miliar dan Disparpora 16 miliar dikurang 5 miliar,” tuturnya.  Dikatakannya, pemangkasan jangan dijadikan alasan OPD untuk mengeluh. Sebab anggaran yang dikucurkan cukup realistis untuk melaksanakan program pembangunan tahun depan.

“Ada anggaran yang skala prioritas yang harus dijalankan, kalau program tidak prioritas tentunya bisa belum dilaksanakan dulu,” ungkapnya.

Adapun prorgam prioritas yang dimaksud salah satunya pembangunan Masjid Agung yang sebelumnya dianggaran hanya Rp 5 miliar untuk tahun 2019 meningkat drastis mencapai Rp 10 miliar. “Secara keseluruhan APBD kita meningkat, karena adanya pinjaman daerah,” tutup Edwar. (320)