Anggaran Pilkades Serentak Hanya Rp 500 Juta

Ilustrasi PILKADES
Ilustrasi PILKADES

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Pemda Mukomuko telah menyusun jadwal pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di daerah tersebut. Anggaran yang telah disahkan di APBD murni tahun 2018 sebesar Rp 500 juta. Sedangkan Pilkades akan di ikuti 38 desa.

“Anggarannya hanya Rp 500 juta yang diperuntukan bagi 38 desa nantinya,”ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Saroni dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.

Menurutnya, jumlah anggaran ratusan juta rupiah itu di nilai masih kurang. Pihaknya akan kembali meminta petunjuk lebih lanjut dari bupati, sekda dan DPRD Mukomuko. Pasalnya, seluruh pelaksanaan Pilkades serentak tersebut biayanya di tanggung APBD kabupaten. Sedangkan untuk anggaran desa, hanya membiayai pada hari pelaksanaan. Seperti honor panitia pilkades dan lainnya.

“APBDesa nantinya hanya menganggarkan untuk hari pelaksanaan. Mulai dari tahapan awal hingga pilkades selesai, semuanya di biayai APBD kabupaten,”jelasnya.

Adapun biaya yang dibutuhkan di antaranya pencetakan surat suara, sosialisasi, ATK dan lainnya. Kecuali untuk kotak dan bilik suara sudah ada yang telah dibeli pemda pada tahun sebelum-belumnya. Pelaksanaan pilkades di perkirakan usai lebaran Idul Fitri mendatang atau sekitar bulan Juli 2018 mendatang.

“Jadwal pastinya masih akan di koordinasikan lebih lanjut bersama pihak terkait. Prediksi awal sekitar Juli mendatang,” lanjut Saroni. (900)