Anggaran Pemulasaran Jenazah Covid-19 di Mukomuko Disiapkan

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Saroni menyampaikan, Pemkab Mukomuko tahun ini menyiapkan dana untuk membiayai pemulasaran sebanyak 25 jenazah pasien Covid-19 di daerah tersebut.
“Dana yang disiapkan sekitar Rp 75 juta untuk membiayai pemulasaran sebanyak 25 jenazah pasien Covid-19,” katanya.

Menurutnya, dana itu diperuntukan membeli berbagai perlengkapan alat perlindungan diri (APD) untuk para petugas kesehatan yang melakukan pemulasaran jenazah Covid-19, seperti baju azmat, masker, sepatu, helm dan hand sanitizer. Kemudian juga diperuntukan operasional petugas dan kendaraan yang mengantar jenazah pasien Covid-19 dari rumah sakit ke tempat pemakaman umum (TPU) serta upah sejumlah orang yang bertugas untuk menggali lobang makam jenazah.
“Semua dana tersebut digunakan untuk proses pemulasaran 25 jenazah pasien Covid-19, mulai dari awal sampai jenazah dikuburkan,” jelasnya.

Terkait dengan dana santunan untuk ahli waris pasien Covid-19 yang meninggal dunia, kata Saroni, pemerintah daerah tidak menyediakan. Namun Dinsos memfasilitasi dan mengusulkan kepada Kementerian Sosial, agar pasien Covid-19 yang meninggal dunia akibat virus corona di daerah ini mendapat santunan. Sebanyak 15 orang pasien Covid-19 yang meninggal dunia di daerah ini, akan tetapi baru dua pasien yang diusulkan menerima santunan kepada Kementerian Sosial. “Ahli waris yang telah melengkapi persyaratan untuk menerima santunan sudah kami usulkan ke Kemensos RI,” ungkapnya. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*