Anggaran Kecamatan Rp 258 Juta.

TUBEI,BE – Ditahun 2014 ini, seluruh anggaran untuk 13 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Adanya peningkatan anggaran kecamatan ini dikarenakan tahun ini terdapat beberapa mata anggaran yang sebelumnya tidak berada dalam pagu anggaran kecamatan tetapi tahun ini dimasukkan. Anggaran Kecamatan tahun ini nilainya mencapai Rp 258 Juta.
“Meningkatnya tahun ini karena ada beberapa rangkaian kegiatan yang skan kita laksanakan,” kata Jaya Jafri.
Hal ini dibenarkan Camat Uram Jaya Jafri, SSos. Ia mengatakan anggaran untuk program kecamatan pada tahun ini mengalamai peningkatan dari Rp 231,52 juta untuk tahun 2013 menjadi Rp 258 juta pada tahun 2014 ini.
“Meningkatnya tahun ini karena ada beberapa rangkaian kegiatan yang skan kita laksanakan,” kata Jaya Jafri.
Kegiatan itu seperti pelaksanaan Musyawarah rencana pembangunan kecamatan (Murenbang), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan lainnya. Termasuk untuk pembayaran honor petugas raskin, tapi kalau untuk pembayaran honor perangkat desa tidak lagi ke kecamatan melainkan langsung ke dinas terkait yang menangani,” ungkap Camat Uram Jaya Jafri SSos.
Dikatakan jafri, meskipun ditahun 2013 lalu anggaran kecamatan terbilang masih kecil namun Kecamatan tetap berupaya semaksimal mungkin untuk dapat melaksanakan program kerja sesuai dengan dana yang ada.
“Syukur alhamdulillah walaupun anggarannya tahun kemarin terbilang masih minim tapi semua kegiatan tetap kita prioritaskan seperti untuk pembayaran homor perangkat desa hampir setiap bulan kita bayarkan maupun untuk kegiatan lainnya,” kata jafri.
Camat Lebong Selatan, Reko Heryanto SSos MSi pun mengatakan hal senada. Menurutnya ditahun ini anggaran kecamatan meningkat mencapai senilai Rp 20 jutaan. Dengan adanya dana tambahan ini, kecamatan mengadakan berbagai kegiatan seperti untuk Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ), PKK, Musrenbang, Sosialisasi Ekowisata.
“Untuk besaran anggarannya berapa saya tak tahu persis berapa,yang jelas kalau untuk kegiatan memang bertambah tahun ini,” katanya.
Reko menjelaskan, kalau tahun lalu hanya STQ dan Musrenbang saja. Untuk tahun ini khusus pembayaran honor perangkat desa yang selama mengambil ke kecamatan sekaramg langsungĀ  Kades sendiri yang mengusulkan ke dinas terkait untuk pencairannya.
Untuk itu, camat berharap adanya peningkatan anggaran kecamatan ini program yang telah direncanakan dpat dilaksnakan secara maksimal. Semua program harus diatur dengan baik, supaya anggara yang ada mencukupi. “Anggaran yang diberikan untuk tahun ini karena masih dirasakan kurang, tapi semua kecamatan diberikan anggaran yang sama. Kami berharap agar ditahun ini mendatang anggaran yang diberikan akan terus meningkat,” harap camat.(777)