Anggaran BTT APBD 2021 Hanya Rp 1 M, Refocusing Anggaran

FOTO IMAN/ BE – Anggota Banggar DPRD Kota Bengkulu, H Ariyono Gumay.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemkot Bengkulu dan DPRD Kota Bengkulu pada penetapan plafon anggaran sementara APBD 2021 menganggarkan dana Belanja Tak Terduga (BTT) hanya Rp 1 M. Dana inilah yang nantinya akan digunakan selama 1 tahun kedepan untuk penanggulangan covid-19 dan bencana alam lainnya.

Anggota Banggar DPRD Kota Bengkulu, H Ariyono Gumay menjelaskan, dana BTT yang dianggarkan sementara tersebut masih sama dengan tahun sebelumnya meski saat ini masih menghadapi masa pandemi covid-19. Namun jika nantinya ada ledakan kasus covid-19 yang membutuhkan anggaran cukup besar maka akan ada refocusing anggaran kembali.

“Pada saat penetapan plafon anggaran sementara kita sepakat untuk anggaran BTT 2021. Untuk tahun ini persiapan hanya Rp 1 miliyar. Namun jika ada keadaan darurat dan memaksa, maka kepala daerah boleh merefocusing kembali anggaran-anggaran yang ada walaupun anggaran kita minim sekali. Jika hal itu terjadi, struktur APBD kita akan kembali terganggu,” kata Ariyono, Senin (23/11).

Memang saat ini kasus bencana non alam seperti covid-19 tidak boleh diabaikan karena belum menunjukan angka penurunan orang yang terjangkit. Bahkan dampak covid-19 pada APBD 2020 ini bakal terbebankan pada APBD 2021 karena nilai PAD turun. Ditambah lagi, jika pinjaman BJB dicairkan, maka beban pembayaran hutang beserta bunganya sudah harus dibayarkan mulai 2021 sebesar Rp 65 miliyar selama 3 tahun. (Imn)