Anak Dua Kali Lebih Cerdas dengan Ini

063025_312038_nanoblokSURABAYA – Kebiasaan orang tua mengenalkan gadget di usia dini kepada buah hati memiliki banyak efek negatif. Salah satunya mampu mempengaruhi proses tumbuh kembang. Setidaknya hal itulah yang dikatakan oleh praktisi pendidikan Maria Rayna Kartika dalam talkshow bertajuk “Selektif Memilih Permainan” di Pasar Atom Mal Surabaya, kemarin (31/10).

Maria mengatakan, ketimbang dikenalkan dengan gadget, anak-anak sebaiknya mulai diajarkan bermain konstuksi kreatif. Hal tersebut memiliki banyak kelebihan. ”Anak bisa dua kali lebih cerdas dengan permainan jenis ini,” katanya.

Sebab, selain merangsang pola berpikir, permainan rancang bangun menurut wakil ketua Nanoblock Surabaya itu juga mampu melatih motorik halus, membangun konsentrasi, mengajarkan kesabaran dan kerapian, serta menumbuhkan kepercayaan diri.

Hal senada dikatakan oleh Eka Prasetya Affandi, owner Nanoblock Surabaya. ”Satu hal lain yang juga menjadi manfaat dari permainan rancang bangun adalah anak akan menghargai dan tidak merusak mainannya. Sebab dia juga ikut serta dalam proses pembangunan mainan tersebut,” jelas pria asal Jember, Jawa Timur itu.

Nanoblock yang merupakan blok berukuran mikro mulai booming di Indonesia sejak pertengahan 2015. Dari blok-blok tersebut dapat disusun menjadi miniatur bangunan, hewan, maupun alat transportasi.

Seperti dalam pameran yang diselenggarakan  di tempat yang sama, diperlihatkan beberapa bentuk menarik mainan asal Jepang tersebut. Mulai dari replika Monumen Jalasveva Jayamahe, Menara Eiffel, sampai Himeji Castle yang dibangun menggunakan lebih dari 2200 blok.

Ya, selain talkshow, di pusat perbelanjaan legendaris itu turut pula diadakan pameran Nanoblock untuk pertama kalinya di Indonesia Timur. Lebih dari 100 koleksi permainan rancang bangun dipertontonkan ke publik.

Untuk membuat satu permainan Nanoblock dibutuhkan waktu yang relatif. Tergantung tingkat kesulitannya. Mulai 30 menit sampai puluhan jam. Booming-nya Nanoblock membuat banyak lahir kolektor. (pda/mas/jpnn)