Ambulance Diminta Standby

mobil-ambulance
Foto : IST

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warganya. Dimana sebelumnya, Bupati Kaur Gusril Pausi SSos telah meninjau langsung kegiatan pelaksanaan pelayanan kesehatan di RSUD Kaur.

“Sesuai dengan perintah Bapak Bupati, kita minta kepada pegawai rumah sakit untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat semaksimal mungkin,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kaur, Azwar SSos, kemarin (11/6).

Dikatakan Azwar, pihaknya telah mengumpulkan seluruh kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Kaur. Dimana ia meminta agar tenaga kesehatan harus tetap standby dan harus selalu siap jika dibutuhkan. Juga meminta agar pelayanan Puskesmas ditingkatkan, dan kebersihan Puskesmas harus selalu diperhatikan. Selain itu, Azwar juga meminta agar mobil ambulance yang ada di Puskesmas untuk standby selama 24 jam. Sebab selama ini, tidak sedikit warga yang mengeluhkan masalah ambulance tersebut.

“Ketika dibutuhnya selalu banyak alasan, ada yang sopirnya tidak ditempat dan lain sebagainya. Padahal, ambulance ini sangat dibutuhkan. Untuk itu saya minta petugas kesehatan selalu siaga,” tegasnya.

Ditambahkannya, dengan adanya ambulance pada Puskesmas, warga tidak mengeluhkan lagi sulitnya mencari mobil saat merujuk keluarganya yang sakit ke Puskesmas rawat inap atau ke RSUD. Tak hanya itu, lanjutnya, pasien yang mengalami sakit akan lebih cepat mendapatkan pertolongan. Sebab pasien kecelakaan di jalan raya yang membutuhkan pertolongan medis secara cepat.

“Sebab kita tidak mengetahui kapan orang sakit yang harus mendapatkan pertolongan medis segera. Mobil ambulance ada di hampir semua Puskesmas, dan itu siap digunakan kapan saja,” jelasnya. (618)