Amankan Debat Kandidat, 372 Polisi Dikerahkan

Bengkulu Tengah
Bakti/Bengkulu Ekspress. RAKOR: Kabag Ops Polres Bengkulu Utara (dua dari kiri) menghadiri rapat koordinasi persiapan debat publik di RM Riung Gunung, kemarin (12/1)

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Jelang pelaksanaan debat kandidat pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), Kepolisian Resor (Polres) Bengkulu Utara (BU) memastikan akan melakukan pengamanan ketat. Sebanyak 372 personel polisi pun akan dikerah.

Demikian disampaikan Kapolres Bengkulu Utara (BU), AKBP Andhika Vishnu SIk melalui Kabag Ops Kompol Restu Wijaya SIK dalam rapat koordinasi teknis persiapan debat kandidat di Rumah Makan Riung Gunung, Kamis (12/1).

“Mengamankan debat publik paslon Bupati dan Wakil Bupati Benteng, kami akan menyiapkan sebanyak 372 orang personel,” tegas Restu.

Ia menjelaskan, mengantisipasi terjadinya gangguan saat pelaksanaan debat kandidat, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh undangan yang datang ke lokasi debat publik.
Direncanakan debat publik akan dilakukan di Hotel Dianti dan Hotal Puncak Tahura, Kabupaten Benteng.

“Pemeriksaan terhadap tamu undangan akan dilakukan sebanyak dua kali, yakni saat masuk gerbang hotel dan pintu masuk ruangan debat publik. Sebab itu, kita membutuhkan bantuan personel dari Pam Obvit Polda Bengkulu,” tambah Kabag Ops.

Selain pemeriksaan tamu, pihaknya juga akan melakukan sterilisasi terhadap lokasi yang akan digunakan.

“Kami yakin jalannya debat publik akan berlangsung aman dan kondusif. Meski demikian, kami juga akan tetap melakukan sterilisasi lokasi 3 jam sebelum pelaksanaan debat publik. Sterilisasi akan dilakukan oleh personel gegana dan Sat Brimob,” terang Restu.

Terpisah, Ketua Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Benteng, Asmara Wijaya ST mengatakan, sesuai dengan kesepakatan bersama tim dari masing-masing paslon, tamu undangan akan dibatasi hanya 20 orang untuk di dalam ruangan dan 20 orang di luar ruangan. Direncanakan, debat publik akan dilakukan pada tanggal 25 Januari, 1 dan 8 Februari 2017.

“Setiap pelaksanaan debat, waktu yang disiapkan adalah selama 2 jam 15 menit,” demikian Asmara.(135)