Aman Kasus Flu Burung

BENGKULU, BE –  Kepala Dinas  Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan Kota Bengkulu, Ir Matriyani Amran, MPd, menuturkan, ditahun  2015 ini  Kota Bengkulu masih aman dari kasus flu  burung. Di awal tahun ini belum  ada   kasus ayam mati mendadak dan dinyatakan positif  terjangkiti virus H5N1.

“Selama tahun 2015 tidak ada indikasi atau kasus  flu burung,   ayam yang mati mendadak  beberapa waktu lalu  saat di rapid tes, hasilnya negatif,” ungkapnya.

Pun begitu pada tahun 2014, kasus flu burung di kota Bengkulu cukup tinggi,  perubahan  cuaca atau pancaroba pun bisa menyebabkan ayam mati mendadak, namun bukan flu burung.

Walau belum ditemukan kasus tersebut, kita tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bengkulu agar tetap waspada, jika ada ayam atau ternak yang mati mendadak, agar memberitahukan petugas  Keswan DP3K, sehingga bisa dicek.

Ia juga meminta semua pihak untuk tidak panik dengan  membuang bangkai ternak sembarangan.  “Saya imbau masyarakat, tolong agar kandang ternak-ternak dibersihkan dengan benar. Kotoran ternak di got juga dibersihkan,”  pintanya.

Penularan virus flu burung bisa dicegah jika melakukan pola hidup bersih dan sehat. ” Kebersihan   terjaga, saya yakin flu burung dapat terhindar,” katanya. (247)