Alsintan Segera Dibagikan

ALSINTAN - Kabid PSP Distan Kabupaten Benteng, Hendra Putra Kelana saat memberikan keterangan pers bahwa pihaknya telah menerima alsintan sebanyak 32 unit
Kabid PSP Distan Kabupaten Benteng, Hendra Putra Kelana saat memberikan keterangan pers bahwa pihaknya telah menerima alsintan sebanyak 32 unit, kemarin.

BENTENG, Bengkulu Ekspress  – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dalam waktu dekat akan melakukan pebagian alat dan mesin pertanian (Alsintan) bantuan dari pemerintah pusat. Meski demikian, bantuan akan disalurkan kepada kelompok tani (poktan) yang memang sudah melalui tahapan verifikasi atau pemeriksaan.

“Hasil pendataan yang telah kami lakukan, ada sebanyak 200 poktan sudah menyampaikan proposal usulan bantuan alsintan,” kata Kepala Distan Kabupaten Benteng, Drs Supawan Said, melalui Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Hendra Putra Kelana SH, kemarin (4/7).

Secara keseluruhan, jelasnya, saat ini Kabupaten Benteng memiliki sebanyak 750 poktan yang sudah terdaftar secara resmi. Akan tetapi, pihaknya akan benar-benar melakukan penelusuran untuk memastikan Poktan yang benar-benar berhak untuk menerima bantuan. Selain itu, sampai saat ini pihaknya masih memberikan kesempatan kepada Poktan untuk menyampaikan usulan ke Distan Kabupaten Benteng.

“Sesuai dengan instruksi pemerintah pusat, bantuan hanya bisa diberikan kepada poktan yang memang sudah memiliki kelompok kerja (Pokja) pengelola alsintan. Tanpa itu, bantuan tak bisa kami serahkan. Selain itu, kami tak akan menyalurkan alsintan kepada poktan yang sudah pernah menerima bantuan pada tahun sebelumnya, baik itu pada tahun 2016 ataupun tahun 2017,” tandasnya.

Lebih lanjut, Hendra menjelaskan, keberadaan pokja pengelola alsintan diharapkan mampu menanggung seluruh kerusakan alsintan yang diberikan nantinya.
“Agar alsintan tetap bisa dimanfaatkan dalam waktu lama, tentu saja Pokja pengelola alsintan harus segera dibentuk. Kami hanya tak menginginkan ada alsintan yang rusak lalu dibiarkan terbengkalai,” jelasnya.

Selain itu, Hendra juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah menerima sebanyak 32 unit alsintan, yakni jenis handtraktor roda dua. Sesuai dengan petunjuk, Alsintan tak bisa disalurkan seluruhnya. “Tak semua alsintan akan dibagikan. Melainkan, tetap menjadi aset Pemda Kabupaten Benteng, minimal sebanyak 5 unit. Alsintan inilah yang nantinya bisa dipinjam pakaikan poktan yang membutuhkan,” demikian Hendra.(135)