Alsintan Dibagikan ke Poktan

Pemberian bantuan mesin pertanian 2
APRIZAL/Bengkulu Ekspress :
Penyerahan mesin pertanian secara simbolis kepada kelompok tani di Kabupaten Bengkulu Utara, kemarin (5/9).

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) ke sejumlah kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Bengkulu Utara. Setidaknya ada 180 alsintan yang dibagikan melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hourtikultura dan Peternakan Kabupaten Bengkulu Utara.

Ratusan alat mesin pertanian tersebut diberikan kepada Kelompok Tani (Poktan) di Bengkulu utara demi mempercepat proses tanam sampai panen dan meningkatkan hasil panen bagi petani Bengkulu Utara. Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hourtikultura dan Peternakan Kabupaten Bengkulu Utara, Kuasa Barus SPt mengatakan, Kabupaten Bengkulu Utara mendapatkan beberapa paket batuan dari APBN TP. Diantaranya 79 unit hand traktor, pompa air 6 unit, rice tranc planter 6 unit, corn planter 8 unit dan sprayer elektrik 91 unit.

“Hari ini kita bagi adalah alat mesin pertanian kepada kelompok tani yang sudah kita supervisi dan verifikasi, dan juga memang diperiotaskan,” katanya.



Kuasa menambahkan, bantuan diberikan kepada kelompok tani yang memang betul-betul siap dan memiliki luas lahan yang cukup. Pemberian ini akan cepat mengelola tanah dan cepat meningatkan hasil panen bagi petani. Selain itu, Kuasa berharap bagi kelompok tani yang mendapatkan bantun ini untuk dirawat dan dijaga sebaik- baiknya. Sebab, ini adalah aset untuk kelompok tani yang bisa mereka gunakan.

“Alat ini mereka gunakan sebaik-baiknya, dan boleh dimanfaatkan selama-lamanya, selama mereka bisa merawat dengan sebaik baiknya,” harapnya.

Kuasa menjelaskan, Kabupaten Bengkulu Utara memiliki luas lahan pertanian berkisar 11 ribu hektare. Seharusnya setiap 10 hektar membutuhkan 1 unit handtraktor sehingga Kabupaten Bengkulu Utara membutuhkan 1000 unit hand traktor.”Sekarang belum sampai ke sana, dikarenakan anggaran terbatas dan prosesnya pun bertahap,” imbuhnya.(cw1)