Alot, AKD DPRD Terbentuk

1. Jefryy/Bengkulu Ekspress -Paripurna internal DPRD Seluma dalam pembentukan alat kelengkapan DPRD Seluma.

TAIS, Bengkulu Ekspress– Paska pelantikan unsur pimpinan definitif. DPRD Seluma langsung melakukan rapat paripurna pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD). Mulai dari fraksi, badan legislasi (Banleg), badan anggaran (Banggar), serta badan kehormatan(BK) dan Badan Musyawarah (Banmus). Melalui rapat yang berlangsung alot penuh perdebatan akhirnya AKD dewan pun terbentuk.

Rapat paripurna internal yang dipimpin Waka 1 DPRD Seluma, Sugeng Zunrio SH ini, dalam pelaksanaannya terjadi perdebatan alot. Terkait belum dimasukkan nama nama usulan dari Partai Golkar kedalam Banleg. Inilah pemicu dari perdebatan serta sejumlah kesalahan administrasi di sekretariat Dewan.



“Seharusnya fraksi penuh mengusulkan nama sebanyak dua orang dan fraksi tidak penuh hanya satu. Ini tata tertib yang mengatur, namun kenapa Golkar tidak dimasukkan Banleg,” tegas Waka II DPRD Seluma Ulil Umidi SSos menyampaikan protes dalam sidang paripurna AKD, di Gedung DPRD Kabupaten Seluma, kemarin (3/10).

Pimpinan Sidang Paripurna Sugeng Zonrio SH menegaskan, baru beberapa alat kelengkapan yang terbentuk. Seperti, tiga komisi sudah terbentuk. Komisi 1 ketuanya Zamsul Azwajar dari partai Golkar, Komisi II Sudi Hermanto dari PDIP dan Komisi III diketuai Dodi Sukardi SE dari PDIP dan Ketua Banlek Tenno Heika SSos dari Partai Nasdem. AKD ini dibentuk dari 8 fraksi yang juga sudah terbentuk sebelumnya.”Kita istirahat siang dahulu dan nanti dilanjutkan lagi. Untuk menyelesaikan BK dan Banggar,” ujarnya.

Untuk Badan Kehormatan (BK) diketuai Hj Zanlasmi, Wakil Ketua H Suhandi dan Yudi Harzan SH sebagai anggota.
Dengan sudah terbentuknya AKD maka dalam waktu dekat ini, DPRD mulai membahas APBD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Hanya saja, DPRD masih menunggu masuknya draf KUA-PPAS dari Bappeda.

Sebelumnya, DPRD Seluma telah menggelar Paripurna penetapan 8 fraksi yang disusun berdasarkan usulan dari partai masing-masing. Dalan fraksi yang dibentuk yaitu 6 fraksi penuh dan 2 fraksi gabungan. Pembentukan Fraksi periode 2019-2024. Delapan fraksi yang dibentuk yakni Fraksi PDIP dengan Ketuanya Dodi Sukardi SE. Fraksi Nasdem dengan Ketuanya Tenno Heika SSos. Fraksi Golkar Ketuanya Samsul Aswajar.

Kemudian Fraksi Perindo dengan Ketuanya Neri Gustiani. Fraksi Demokrat dengan Ketua Fraksi Andri Simbolon. Dari enam fraksi yang full tersebut, ada sebanyak dua fraksi gabungan beberapa partai. Yakni Fraksi Amanat Persatuan Indonesia (API) yang merupakan gabungan partai PAN dan PKPI dengan Ketua fraksi Yudi Prioyono. Serta Fraksi Persatuan Pembangunan Sejahtera (PPS) dengan ketuanya Herwansyah. Yang merupakan gabungan Partai PPP dan PKS. (333)