Albin Buyarkan Kemenangan Real Madrid Atas Espanyol

ronaldoReal Madrid gagal mendulang angka maksimal di jornada 16 La Liga Spanyol. Meladeni tantangan Espanyol di Santiago Bernabeu, Senin (17/12) dinihari WIB, sang juara bertahan ditahan imbang 2-2.

Tuan rumah sempat memimpin 2-1 setelah Cristiano Ronaldo dan Fabio Coentrao membalas gol pembuka Sergio Garcia. Namun kemenangan yang sudah di depan mata kandas dua menit jelang bubar. Adalah gol pemain pengganti Juan Albin yang memaksa Los Merengues berbagi satu poin dengan Los Periquitos.

Madrid tetap menghuni posisi ketiga, namun hasil imbang patut disesali karena mereka sejatinya dapat memaksimalkan partai ini untuk memangkas gap dengan Barcelona atau Atletico Madrid, yang saling beradu di Camp Nou.

Madrid langsung menggeber serangan sejak awal, dan mendapatkan peluang dini di menit ketiga. Mendapat bola dari Alvaro Arbeloa, Cristiano Ronaldo lantas meneruskannya kepada Luka Modric. Namun tembakan yang dilepaskan nama terakhir masih sedikit melebar.

Los Merengues terus menunjukkan superioritas atas sang tamu, namun di tengah tekanan deras lawan, Los Periquitos sempat mencuri peluang melalui serangan balik kilat, sayang tendangan Simao usai memperoleh operan Verdu gagal menemui sasaran.

Bagaimanapun, counterattack Espanyol akhirnya membuahkan hasil saat duel menapaki setengah jam. Setelah beberapa menit sebelumnya tembakan Modric dimentahkan tiang gawang, justru Espanyol sanggup mencuri keunggulan lebih dulu berkat gol Sergio Garcia.

Menyongsong umpan terukur Verdu dengan dikawal Sergio Ramos dan Pepe, Garcia langsung melesatkan tendangan keras ke arah tiang jauh tanpa mampu dijangkau Iker Casillas.

Gol ini melecut skuat Jose Mourinho untuk meningkatkan intensitas serangan. Berkali-kali gagal, upaya Madrid baru berbuah gol penyama kedudukan tepat jelang berakhirnya babak pertama. Ronaldo, yang diturunkan sebagai ujung tombak, mengonversi umpan Sami Khedira menjadi gol dengan sontekannya dari jarak dekat.

Hanya tiga menit setelah istirahat, Madrid berbalik memimpin 2-1 lewat torehan Fabio Coentrao. Melihat kompatriotnya asal Portugal itu berlari ke kotak penalti, Ronaldo dengan jeli mengirim umpan terobosan. Sang full-back pun menuntaskannya dengan tendangan rendah kaki kanan.

Tidak lama berselang, CR7 kembali megkreasi serangan berbahaya bagi Madrid. Sang megabintang melepas bola matang kepada Angel Di Maria, yang turun menggantikan Modric. Berada dalam posisi cukup bebas, tembakan Di Maria masih dapat dipatahkan Francisco “Kiko” Casilla, kiper Espanyol.

Casilla kemudian memamerkan kepiawaiannya lagi dalam dua kesempatan. Pertama ia menghalau upaya dari Alvaro Arbeloa, dan selanjutnya kembali Di Maria yang harus mengakui ketangguhan portero 26 tahun itu, yang “terbang” untuk menangkis tendangan akuratnya ke arah pojok atas gawang.

Pada menit ke-61, kembali Casilla memastikan keunggulan Los Blancos tidak bertambah. Ia menghadang percobaan Mesut Ozil, usai menerima umpan Di Maria, ke arah tiang dekat

Sepuluh menit berselang, kerja sama Jose Callejon dan Di Maria diakhiri nama pertama dengan tendangan yang masih terlalu mudah untuk diamankan Casilla. Madrid lantas memperoleh kesempatan lagi di menit ke-73. Namun sundulan Alvaro Morata — baru saja masuk mengisi tempat Callejon — menyambut umpan Ozil hanya membuahkan sepak pojok setelah dihalau bek Espanyol.

Di sisa pertandingan, Madrid tampak sedikit mengendurkan tempo dan tak terlalu ngotot lagi melakukan serangan. Ini harus dibayar mahal karena Espanyol akhirnya dapat menyamakan kedudukan dua menit jelang berakhirnya waktu normal.

Sebuah tendangan penjuru yang gagal diantisipasi dengan baik oleh barisan pertahanan tuan rumah menghasilkan kemelut di kotak penalti, dan bola langsung saja ditendang oleh Juan Albin untuk mengoyak jala Iker Casillas.

Tersentak, Madrid segera melakukan tekanan lagi, namun waktu yang tersisa tak memadai untuk mendapatkan gol kemenangan.(**)

Susunan Pemain:

Real Madrid (4-2-3-1): Casillas; Arbeloa, Pepe, Ramos, Coentrao; Alonso, Khedira; Callejon (Morata 73′), Modric (Di Maria 46′), Ozil; Ronaldo.

Cadangan tak bermain: Adan; Kaka, Carvalho, Essien, Nacho.

Espanyol (4-2-3-1): Casilla: Víctor Sanchez, Forlin, Sergio, Verdu (Albin 70′); Moreno, Javi Lopez; Colotto, Simao, Wakaso (Alfonso 29′); Víctor Álvarez (Capdevila 59′).

Cadangan tak bermain: German; Raul Rodriguez, Baena, Stuani.