Alat Pembuat Tepung Dibagikan

Kadis P3K saat menunjukan alat pembuat tepung kepada bupati dan sekda didampingi kepala bkppdMUKOMUKO,BE – Kabupaten Mukomuko mendapatkan bantuan peralatan pembuatan tepung. Alat tersebut sebanyak tiga unit yang didapat dari pemprov Bengkulu. “ Tiga unit alat ini segera dibagikan,” ungkap Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (DP3K) , Eddy Apriyanto SP MSi melalui Kabid Pertanian, Masamah SP didampingi Kasi Produksi Tanaman Heri Mustama kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (15/7).
Peralatan itu khusus untuk tanaman Singkong menjadi tepung. Ketiga unit mesin itu direncanakan akan dibagikan kepada kelompok tani Singkong yang ada di wilayah Kecamatan Teras Terunjam, Lubuk Pinang dan Penarik. Dipilihnya tiga kecamatan itu karena mempunyai  potensi dan luas tanaman Singkong yang cukup luas. Untuk di wilayah Penarik mencapai  50 hektar, Lubuk Pinang 80 hektar dan di Teras Terunjam mencapai angka 90 hektar walaupun tanaman Singkong tersebut terpecah – pecah atau tidak dalam satu hamparan. Singkong yang siap dipanen dan diproduksi berbagai produk salah satunya dijadikan tepung  yang merupakan salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan pangan. Dalam satu hektar produksi Singkong bisa mencapai 20 ton lebih. “ Minimal Singkong sudah berumur 8 bulan hingga 1,5 tahun akan menghasilkan produksi yang sangat besar,” bebernya.
Adanya bantuan dari pemerintah ini, diharapkan dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Ini dilakukan selain untuk memenuhi kebutuhan pangan. Selain itu juga akan meningkatkan pendapatan petani khususnya petani Singkong dalam memproduksi Singkong menjadi tepung. (900)