Alasan Tak Dapat Jatah Uang, Warga Seluma Laporkan Tim RM


Jumadi Effendi
Jumadi Effendi menunjukkan kain pemberian Tim RM

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Jumadi Effendi Warga asal Kabupaten Seluma bersama rekannya melaporkan Tim Pasangan Calon Gubernur Bengkulu peroleh suara terbanyak Ridwan Mukti (RM) – Rohidin Mersyah ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu Provinsi Bengkulu), Rabu (30/12/2015). Jumadi melaporkan Tim Ridwan Mukti terkait pembagian kain sarung dan uang Rp 50.000 di Kecamatan Seluam Selatan Kabupaten Seluma sekitar 1 bulan sebelum hari pencoblosan.

Pelaporan ini juga dilatarbelakangi oleh Jumadi yang menyesal telah memilih RM. Dikatakan Jumadi,dirinya pernah diiming-imingi janji akan dibagikan kain secara bertahap dan sejumlah uang namun dirinya tak dapat itu.

“Uang Rp 100 ribu janjinya. Pas sebelum hari H dibagikan tapi saya tidak dapat,” ujarnya.

Dirinya pun mengaku tidak kenal dengan tim yang membagikan kain tersebut.

“Waktu itu saya tidak kenal timnya,” kata Jumadi.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap mengatakan, akan menerima semua laporan yang masuk untuk dikaji terlebih dahulu. Meskipun kebanyakan laporan tersebut tidak memenuhi syarat karena terjadinya peristiwa telah melewati kategori 7 hari maksimal.

“Ini rata-rata yang dilaporkan sudah lewat semua. Kita menyarankan kepada siapapun agar juga memahami aturan-aturan itu. Tapi secara kelembagaan kita tidak boleh menolak. Semua laporan akan kita terima dan kita kaji dulu,” pungkasnya. (Dil)