Aktifkan Satgas Kecamatan dan Desa

Assilawati MSi

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Dengan makin maraknya warga Bengkulu Selatan (BS) akhir-akhir ini, Kepala BPBD BS, Yarusdi SSos melalui Sekretarisnya, Assilawati Msi meminta satuan tugas (Satgas) gugus Covid -19 di tingkat kecamatan dan tingkat desa dapat terus berperan aktif. Dirinya berharap satgas tersebut dapat menjadi garda terdepan dalam pencegahan dan penanganan covid-19.

“Setiap Kecamatan sudah dibentuk Satgas Covid-19 Kecamatan dan setiap desa juga sudah dibentuk, jadi saya harap agar dapat aktif kembali,” katanya.

Dikatakan Asssilawati, meningkatnya jumlah warga BS yang terpapar covid-19 juga karena semua pihak mulai abai akan protokol kesehatan (prokes) covid-19. Sebagian warga sudah mulai tidak mau lagi memakai masker, mereka sudah mulai berkerumun dan tidak melakukan cuci tangan. Hal itu merupakan penyebab warga BS tertular virus covid-19. Untuk itu dirinya berharap, tim satgas kecamatan dan desa dapat kembali aktif mengawasi kegiatan masyarakat yang abai akan prokes covid-19. Sehingga tim satgas dapat mendatangi warga tersebut serta mengingatkan agar warga kembali mematuhi prokes covid-19 secara disiplin.

“Satgas Kecamatan dan desa selalu dekat dengan masyarakat, sehingga bisa menegur warga yang tidak mematuhi prokes covid-19,” ujarnya.

Oleh karena itu, Assilawati meminta satgas kecamatan dan desa juga terus mensosialisasikan prokes covid-19 yakni selalu bemasker saat keluar rumah, menghindari kerumunan dengan selalu menjaga jarak dengan orang lain serta rutin mencuci tangan pakai sabun. Setiap ada pelanggaran prokes, sambung Assilawati, satgas kecamatan dan desa dapat selalu menegurnya. Sehingga warga tersebut dapat kembali mematuhi prokes covid-19. Dengan begitu, jika semua warga BS sudah disiplin, dirinya optimis ke depan BS tidak ada lagi warga BS yang terpapar covid-19.

“Kalau kita patuh, saya optimis ke depan tidak ada lagi warga yang terpapar covid-19,” bebernya.

Dengan demikian, maka keadaan akan normal kembali. Sehingga warga bisa melakukan kegiatan seperti waktu normal sebelumnya seperti, pesta pernikahan bisa digelar kembali, kegiatan belajar mengajar di sekolah bisa dibuka kembali. Kegiatan hiburan lainnya juga bisa dibuka lagi. Dengan begitu, kegiatan perekonomian warga BS berjalan normal kembali.

“Mari kita semua berdoa agar keadaan normal kembali dan virus covid-19 bisa sirna dari bumi sekundang setungguan ini,” ajak Assilawati. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*