Aktifkan Ronda Malam

Syahroni Ag saat mendatangi Graha Bengkulu EkspressBENGKULU, BE – Syahroni Ag, Ketua RT 6 Kelurahan Tengah Padang berharap agar Pemerintah Kota dapat benar-benar mengaktifkan ronda malam secara intensif. Pasalnya menurut dia, program walikota berbentuk Bengkuluku Aman belum dapat membuat kesadaran warga akan keamanan Kota Bengkulu menjadi terjamin.
“Kita berlomba-lomba membuat posko yang bagus, tapi ramainya hanya saat tim penilai datang. Setelah tim penilai pergi poskonya jadi sepi lagi. Nah, ini bukti kalau Bengkuluku Aman itu belum menjadi semangat yang membatin dalam diri warga kota,” katanya saat mendatangi Graha Bengkulu Ekspress, kemarin.
Dijelaskannya, pihaknya dengan hal itu mendukung program 8 Tekad Bengkuluku Bersih yang diusung oleh walikota. Hanya saja ia menyayangkan, penilaian dalam kategori bersih dan aman tersebut masih belum wajar.  “Seperti Pos Ronda di RT 6 Kelurahan Tengah Padang yang saya pimpin, belum mendapatkan penilaian apapun. Padahal kami yang berjumlah 57 Kepala Keluarga sudah bersusah payah untuk mendirikan pos jaga di kawasan kami. Meski hanya dari barang rongsongkan disertai dinding dari pohon bambu,” tukasnya.
Ditambahkannya, sekalipun keadaan mereka demikian, mereka tidak merasa berkecil hati. Dengan giat, Syahroni melanjutkan, warganya terus mengaktifkan ronda malam agar suasana di kawasannya senantiasa kondusif dan aman. “Karena kesadaran untuk membuat kawasan aman tersebut muncul dari kesungguh-sungguhan warga kami. Bukan direkayasa atau dengan maksud tujuan tertentu,” sampainya.
Ia berharap, pemerintah dapat lebih giat lagi dalam mengkoordinir pos-pos ronda tersebut sehingga hasil yang didapatkan dapat benar-benar bermanfaat bagi warga masyarakat Kota Bengkulu. “Cobalah periksa pos-pos ronda itu dengan rutin. Bengkulu aman harus dilihat dari ketenangan dan kenyamanan warganya. Bukan dari bagusnya fisik semata,” pungkas dia. (009)

  • warga peduli keamanan 29 Juli 2013 at 22:39

    Assalamualaikum, sepertinya malam ini ronda malam perlu ditingkatkan. waalaikumsalam