Aktifkan Kembali Ronda Malam

IMBAU: Kasat Binmas saat sosialisasi di Mapolsek Seginim dengan mengimbau warga agar mengantifkan kembali ronda malam, Sabtu (14/1) malam.
IMBAU: Kasat Binmas saat sosialisasi di Mapolsek Seginim dengan mengimbau warga agar mengantifkan kembali ronda malam, Sabtu (14/1) malam.

SEGINIM, Bengkulu Ekspress – Dalam rangka menjaga agar keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selalu kondusif, Kapolres Bengkulu Selatan (BS) melalui Kasat Binmas, Iptu Ahmad Suhada mengajak semua warga di 158 Desa/kelurahan di BS kembali mengaktifkan ronda malam.

“ Memasuki tahun 2018 ini, saya mengajak kita aktifkan kembali ronda malam,” katanya.

Ahmad Suhada mengatakan, selama ini kegiatan ronda malam kurang aktif lagi di laksanakan di semua desa. Bahkan hanya beberapa desa lagi yang masih aktif menggelar ronda malam. Akibatnya selama ini marak terjadi pencurian. Hal itu dimanfaatkan para pelaku kejahatan untuk membobol rumah warga.

“Kelengahan warga, jadi kesempatan pelaku kejahatan untuk membobol rumah warga,” ujarnya.

Ahmad Suhada menjelaskan, dengan adanya ronda malam, maka warga akan segara bergantian menjaga desa. Sehingga dengan adanya warga yang berjaga-jaga di setiap desa, maka pelaku kejahatan akan kesulitan membobol rumah warga. Sebab mereka akan khawatir disaat sedang beraksi, tertangkap tangan oleh warga yang sedang melaksanakan ronda malam.

“ Dengan ronda malam, mudah-mudahan aksi kejahatan di desa bisa berkurang,” imbuh Ahmad Suhada.

Selain untuk menjaga agar rumah warga terhindar dari aksi pencurian, petugas ronda malam juga bisa mencegah adanya aksi kejahatan lainnya, seperti bisa mengantisipasi masuknya orang asing ke desa saat malam hari. Selain itu, jika ada remaja yang nongkrong di malam hari, dapat langsung didekati. Kemudian jika mereka sedang pesta miras atau tuak atau aktivitas lainnya dapat segera diketahui dan diingatkan.

“ Dengan ronda malam, kalau ada remaja nongkrong sambil mabuk-mabuk kan atau narkoba, bisa segera dilarang, sehingga tidak hanya mencegah aksi pencurian, kejahatan lain juga bisa di antisipasi dengan adanya ronda malam tersebut,” demikian Ahmad Suhada. (369)