Aktifkan Kembali Pembinaan kampung KB

M Redhwan Arif SSos MPh

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) BS M Redhwan Arif S Sos MPH mengatakan, pada 2020 ini dinasnya kembali menggiatkan lagi kampung KB dengan program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana (Banggakencana).

“Pembinaan kampung KB tahun ini terus kita galakkan,” katanya.

Dikatakan Redhwan, desa yang menjadi kampung KB saat ini ada 18 desa, yakni Durian Seginim, Pasar Baru, Darat Sawah Ilir, Suka Maju, Tanjung Beringin, Batu Ampar,Nanti Agung, Air Sulau, Tanjung Aur, Ketaping, Gunung Mesir, Pagar Dewa, Telaga Dalam, Pasar Pino, Ganjuh, Kayu Ajaran, Bandar Agung dan Air Tenam.

“Maret ini kegiatan pembinaan mulai dilakukan,” ujarnya.

Dijelaskan Redhwan, dalam melaksanaan program Kampung KB, diharapkan melaksanakan program tepat sasaran dengan melibatkan fungsi keluarga, seperti keagamaan, pendidikan, sosial dan budaya serta termasuk ekonomi.

Sehingga hasil akhir nanti tercipta secara gelobal pertumbuhan penduduk yang seimbang dengan keluarga sejahtera Ditambahannya program kampung KB ini melibatkan lintas sektor diantaranya pelayanan KB,pelayanan akta, KTP, pembangunan jalan dan jembatan, penyediaan bahan bacaan dan pendidikan usia dini.

Kemudian ada juga pembinaan keluarga balita,remaja, lansia juga tersedianya pusat informasi dan konsultasi, serta pembinaan unit usaha “Mudah-mudahan dengan adanya program kampung KB ini kedepan masyarakat pedesaan makin sejahtera dan anak-anaknya makin cerdas,” harap Redhwan. (369)