Aktif Urus Sekolah Anak Jalanan

sp08-alena.img_assist_custom-400x300Caroline Gunawan atau yang disapa Alena mengunjungi sekolah non-formalnya, ASA (Alena Sahabat Anak). Kunjungan ini menandakan bahwa libur telah usai dan hari pertama sekolah tersebut.
ASA adalah sekolah nonformal yang di bentuk oleh Alena pada tahun 2009. Sekolah ini memfokuskan pendidikan bahasa Inggris dan Matematika. Ruang belajar pun di alam terbuka di Taman Abimanyu di kawasan Johar Baru, Senen, Jakarta Pusat.
“Dulu terpanggil dari anak jalanan, aku dan tim, dan manajemen yang terdiri dari ibu-ibu, kita melakukan sesuatu di luar pekerjaan. Kalau ingin buat yayasan terlalu rumit, sekarang aku belum mampu jadi memberikan pelajaran tambahan tanpa mengeluarkan biaya yang lebih tinggi” papar Alena.
Untuk mengembangkan sekolah formalnya Alena pun telah memiliki sejumlah cabang. Meski banyak yang tersendat, tetapi lambat laun cabang-cabang tersebut semakin berkembang.
“Sudah mulai, sudah ada cabang di Bintaro, Rawamangun, dan sempat ada di Cipinang, namun di Cipinang ada kendala. Di sini dinilai berdasarkan kerajinan dan nanti mendapatkan hadiah, biar semangat,” jelasnya.(**)