Aksi Kolaborasi Bencoolen For Palestina, Donasi Tembus Rp 576 Juta

FOTO IST/ Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri saat mempromosikan salah satu lukisan.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Aksi kolaborasi Bencoolen for Palestine yang diinisiasi oleh 40 gabungan komunitas cepat tanggap mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Dari kegiatan tersebut, terkumpul donasi sekitar Rp 576 juta yang didapat dari hasil lelang dan penjualan karya seni untuk di donasikan bagi Palestina.

Koordinator Bencoolen For Palestine, Feri Van Dalis menjelaskan dalam aksi donasi ini pihaknya tidak melihat tentang perang agama, melainkan murni kemanusiaan karena banyak anak-anak, lansia, dan masyarakat palestina lainnya yang menjadi korban akibat konflik di negara tersebut. Donasi tersebut nantinya akan dikelolah oleh pihak ACT sesuai dengan kebutuhan di palestina, seperti membangun rumah sakit, pakaian, makanan dan logistik sosial lainnya.

“Ini aksi kemanusiaan yang dilakukan gabungan sekitar 40 lebih komunitas Bengkulu cepat tanggap melakukan penggalangan donasi. Hasil donasi ini kita serahkan ke ACT yang menjadi pihak penyalur ke Palestina,” kata Feri Van Dalis, saat penyerahan secara simbolis donasi dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) pada malam puncak di BenMall, Selasa (01/06).

Ia menjelaskan selama pelaksanaan acara tersebut antusiasme dan kepedulian masyarakat Bengkulu sangat tinggi. Hal ini terlihat dari laku kerasnya penjualan karya-karya anak Bengkulu seperti lukisan, seni rupa, kaset, buku, batu akik, makanan, kerajinan tangan dan lain-lain. Pihaknya berharap dengan bantuan ini bisa mengurangi beban warga Palestina yang saat ini sedang mengalami konflik peperangan.

Dalam acara tersebut turut dihadiri Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah yang diwakili Sekretaris daerah Provinsi, Hamka Sabri. Ia menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah peduli dan mendonasikan untuk palestina dan mengucapkan terimakasih dan rasa bangga terhadap para komunitas yang berinisiatif serta cepat tanggap dalam aksi kemanusiaan.

“Kami dari Pemda mengucapkan terimakasih pihak panitia telah memotori kegiatan. Dan kami bangga karena niat menolong ini tumbuh di hati langsung dikoordinasikan kepada 43 organisasi keagamaan, organisasi kepemudaan, organisasi pemerintah dan organisasi swasta, dan hari ini sudah terkumpul Rp 576 juta,” kata Hamka.

Ia juga mengajak kepada para OPD dan pejabat yang hadir untuk ikut berdonasi dengan membeli karya lukisan, kaset pita, makanan dan lain-lainnya. Karena menurutnya, menolong sesama merupakan aksi luar biasa apalagi dilakukan ke saudara antar negara. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*