Aksi Kejahatan Meningkat, Kapolres Bengkulu Minta Warga Turut Awasi Lingkungan

Kapolres Bengkulu AKBP Pahala Simanjuntak

 

BENGKULU, BE – Kapolres Bengkulu, AKBP Pahala Simanjuntak SIK meminta agar seluruh warga Kota Bengkulu untuk menjaga lingkunganya secara proaktif dalam rangka mencegah segala bentuk tindakan kriminalitas. Sebab, dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini, aksi kejahatan cenderung meningkat.
Kapolres mengatakan, kasus-kasus kriminal yang harus diwaspadai seperti kasus pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan dan juga pencurian sepeda motor.

“Ini yang harus menjadi perhatian kita bersama untuk saling menjaga tempat tinggal atau lingkungan rumah kita. Karena jika hanya mengandalkan pihak kepolisian tentunya tidak akan tercover. Namun dengan peran warga itu sendiri, segala bentuk kriminalitas bisa di cegah,” jelas Kapolres, AKBP Pahala, Minggu (30/8).

Ia menjelaskan, bentuk pengawasan dan menjaga lingkungan tersebut bisa dengan cara mengaktifkan kembali poskamling atau ronda malam di setiap Rukun Tetangga (RT) dan mengoptimalkan para anggota Linmas maupun juga karang taruna yang ada.

“Inilah yang harus dilakukan lagi agar kasus-kasus kriminalitas tidak terjadi di lingkungan kita,” bebernya.
Selain itu, dirinya juga meminta bukan hanya sebatas yang menyangkut tindak kriminalitas saja yang perlu diawasi, tetapi juga menyangkut jika ada warga yang tidak mendukung program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Jika ada warga yang dekat rumah kita yang tidak menggunakan masker saat berpergian, tolong diingatikan dan dikasih tahu. Hal ini demi kebaikan kita bersama dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” terang Kapolres.

Selain itu, jika didapati atau menemukan hal-hal yang menyangkut kriminalitas, pihaknya pun mengimbau jangan sekali-kali melakukan aksi main hakim sendiri. Karena hal tersebut tidak diperbolehkan, bahkan dilarang oleh hukum yang ada.

“Jika ada pelaku kriminalitas yang berhasil diamankan warga, saya minta agar segera dapat melapor ke Polres ataupun Polsek terdekat agar dapat ditindaklanjuti dan diamankan, jangan main hakim sendiri,” tuturnya.
Menurutnya, kerjasama dari masyarakat untuk mewujudkan ini sangat dibutuhkan. Karena tanpa dukungan dan peran dari warga Kota Bengkulu, polisi tentunya tidak akan mampu 100 persen mengamankan wilayah Kota Bengkulu ini yang luas dan jumlah pendudukannya tentu sangat banyak.

“Demi menjaga keutuhan NKRI dan keamanan warga Kota Bengkulu, kita siap mengamankan Kamtibmas. Namun hal itu juga harus didukung dari warganya kota,” jelas Kapolres.

Selain itu, pihaknya terus melakukan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD). Hal ini dalam bentuk diskusi dan membahas aktivitas warga di wilayah hukum Mapolres Bengkulu.

“KRYD ini kita gelar dengan melakukan patroli selama 24 jam di seluruh wilayah kita. Selain untuk menjamin kamtibmas KRYD pun untuk memantau warga yang tidak mendukung instruksi pemerintah daerah dalam memutus mata rantai penyebaran virus korona, seperti tidak menerapkan protokol kesehatan yakni tidak menggunakan masker dan juga berkerumun,” tutupnya. (529)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*