Akses Jalan Menuju PLTU Bengkulu Diperbaiki

ISTIMEWA/BE
Jalan menuju PLTU Bengkulu di Kelurahan Teluk Sepang Kota Bengkulu mulai diperbaiki, kemarin (30/1)

Jelang Diresmikan Presiden

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Akses jalan menuju Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bengkulu sejak beberapa minggu terakhir telah mulai diperbaiki. Hal ini menyusul rencana diresmikannya PLTU oleh Presiden Joko Widodo. Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Teluk Sepang, M Syahril mengatakan, setelah mengalami kerusakan sejak tahun 2012 silam, akses jalan menuju Kelurahan Teluk Sepang Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu mulai diperbaiki. Hal ini bersamaan dengan rencana diresmikannya PLTU Bengkulu oleh Presiden Jokowi.

“Kami sangat bersyukur atas dibangunnya jalan menuju Teluk Sepang. Sudah lama kami harapkan pembangunan ini,” kata Syahril, kemarin (30/1).

Foto : IST

Menurutnya, dengan diperbaikinya jalan sejauh kurang lebih 7 Kilometer menuju PLTU Bengkulu tersebut, diperkirakan mampu mengurangi potensi polusi yang terjadi disepanjang jalan. Pasalnya selama ini, debu kerap menutupi jalan sewaktu mobil truk pengangkut batubara dan cangkang sawit melintas. Sehingga potensi masyarakat terserang penyakit inspeksi saluran pernapasan (ISPA) menjadi kecil. “Kami senang dengan adanya perbaikan jalan ini, potensi ISPA serta penyakit paru-paru kecil kemungkinan terjadi,” tuturnya.

Selain itu, Ia berharap, dengan akan beroperasinya PLTU Bengkulu secara penuh, dapat memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat dan ekonomi. Bahkan sebelum PLTU ini beroperasi, sudah banyak hal positif yang dirasakan masyarakat seperti berkurangnya angka pengangguran di Kelurahan Teluk Sepang. “Ya kita harapkan tidak cuma jalan dan pengurangan pengangguran saja. Tetapi juga bisa berdampak disegala bidang seperti pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan masyarakat sekitar,” tutupnya

PLTU Bengkulu Peduli Kesejahteraan Masyarakat

Sementara itu, meskipun belum beroperasi secara penuh, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bengkulu telah menunjukkan ketulusannya untuk membangun Bengkulu. Bahkan pembangkit listrik di bawah naungan PT Tenaga Listrik Bengkulu (TLB) ini, sangat peduli terhadap kesejahteraan masyarakat Bengkulu khususnya yang berada disekitar areal PLTU Bengkulu. Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Teluk Sepang, M Syahril didampingi Sekretaris, Achirwan mengaku, PLTU Bengkulu ini telah memberikan dampak positif bagi masyarakat Kelurahan Teluk Sepang Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu. Bahkan, PLTU dalam hal ini PT TLB telah menjalin kerjasama dengan LPM Teluk Sepang dalam berbagai kegiatan tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR).

“Kami masyarakat Teluk Sepang telah menjalin kerjasama dengan PT TLB, dan kerjasama itu sangat menguntungkan masyarakat disini, semoga kedepan dapat terlaksana dengan baik” kata Syahril.

Foto : IST

Ia mengaku, bentuk kerjasama yang diberikan oleh PT TLB kepada masyarakat diantaranya memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk bekerja di PLTU Bengkulu. “Kebanyakan masyarakat Teluk Sepang adalah pekerja, kami ingin mereka menjadi bagian dari perusahaan.” Ujar Syahril. Bahkan dalam minggu terakhir kita telah bekerja sama dengan merekrut 20 tenaga kemanan yang semuanya merupakan warga teluk sepang.¬† Selain itu, pihaknya juga mengajukan kersama kepada PT TLB untuk membangun koperasi untuk penyediaan sembako dan Posyandu dikarenakan ini merupakan bentuk kerjasama yang sangat dibutuhkan demi meningkatkan kesehatan dan taraf ekonimi masyarakat .”Kami sangat bersyukur karena PT TLB sangat peduli dengan kesejahteraan masyarakat yang ada disekitar perusahaan,” ujar Syahril.

Ia memandang, apa yang diberikan oleh PT TLB kepada masyarakat sekitar merupakan salah satu bentuk peningkatan kesejahteraan. Pasalnya PLTU Bengkulu berada tepat dilingkungan Kelurahan Teluk Sepang, sehingga sudah sewajarnya menjadikan masyarakat Teluk Sepang sebagai prioritas. “Selama ini belum banyak perusahaan yang peduli dengan masyarakat sekitar, tetapi sejak ada PLTU ini, kami bersyukur kesejahteraan kami dipedulikan,” kata Syahril. Sementara itu Willy Cahya Sundara selaku Direktur PT.TLB menuturkan bahwa program CSR PT TLB selama ini sudah mulai berjalan selama proses konstruksi. Untuk ke depan, tentunya setelah beroperasi pihaknya akan lebih banyak lagi menyalurkan program CSR sehingga dapat meningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Bengkulu. (999)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*