Akreditasi 11 Sekolah di Kaur Tunggu BAN

Lisarmawan

BINTUHAN,bengkuluekspress.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Kaur, memastikan saat ini tinggal menyisakan 11 sekolah lagi yang belum mengantongi akreditasi. Sedangkan sisanya sudah mengantongi akreditasi dan tak ada hambatan dalam penerbitan ijazah pada tahun 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Endy Yurizal SP melalui Kabid Pembinaan Lisarmawan S IP, menurutnya sebelumnya pada awal Oktober lalu, sejumlah sekelah itu baik tingkat SD/MI dan SMP/MTs baik swasta maupun negeri sudah mulai menjalani pendaftaran akreditasi. Para sekolah sudah mengisi Dokumen untuk di visitasi oleh asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) Bengkulu.

“Mudah mudahan dalam wakti dekat ini hasilnya keluar sehigga ada legalitas di 11 sekolah yang belum ada akreditasinya selesai,” kata Lisarmawan.

Dikatakannya, secara keseluruhan di Kabupaten Kaur ada 136 SD ditambah dengan 40 SMP baik swasta maupun negeri. Artinya dari 176 sekolah SD dan SMP itu saat ini tinggal 11 sekolah yang belum terakreditasi sedangkan sisanya sudah menyandang akreditasi baik A, B dan C.

“Kalau tidak terakreditasi ini kerugian pihak sekolah, salah satunya sekolah tidak bisa menggelar ujian sendiri, kemudian tidak bisa menerbitkan ijazah mereka harus menginduk dengan sekolah lain,” ungkapnya.

Sementara untuk jenjang akreditasi maka ada beberapa penilaian BAN Bengkulu diantaranya tenaga pendidik, fasilitas sekolah hingga jumlah siswa yang ada di sekolah itu sendiri. Setelah dilakukan pemeriksaan dan mencocokan dengan syarat akreditasi maka BAN akan menerbitkan status akreditasi dilengkapi dengan tingkat akreditasi sekolah masing-masing.

“Tingkat akreditasi ini yang sangat mempengaruhi yakni jumlah siswanya serta jumlah tenaga pendidiknya sendiri masa akreditasi juga ada masa berlakunya bila sudah habis wajib diperpanjang,” ujarnya.

Ditambahkannya, sebelas sekolah yang belum terakreditasi itu yakni tingkat SD ada 5 SD yakni SD IT Askaba di tanjung kemuning, SD Alwasir padang Guci, SDN 129 di Kecamatan Muara Sahung, SDS Pematang Salimi Kecamatan Nasal serta SDN 123 di Kecamatan Nasal. Semnetara SMP yakni SMPN Satu Atap 25, 26, 27 di Kecamatan Nasal. Kemduian SMPN Satu Atap 28 Kecamatan Maje, SMPN 30 Muara Sahung dan terakhir SMP IT Insan Kamil Kaur Selatan.

“Sedangkan yang akreditasi A untuk SMP sudah ada 7 SMP sementara Akreditasi A SD ada 3 SD,”tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*