Akhirnya, Seluma Miliki PCR

TAIS, bengkuluekspress.com – Kabupaten Seluma, akhirnya memiliki polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel dan virus yang digunakan untuk mendiagnosis virus Covid-19. Pengadaan alat ini melalui anggaran tahun 2020 lalu dengan Dana Intensif Daerah (DID) sebesar Rp 2,5 miliar, di Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) Tais. Sebelumnya peningkatan mutu dan dari petugas juga tengah dilakukan serta telah menyediakan ruangan laboratoriumnya.

“Untuk petugas tengah dilakukan pelatihan, hari ini 11 orang. Dokter juga sudah ada dan bulan depan akan dilakukan assessment guna menguji kelayakannya oleh provinsi agar bisa dikoneksi dengan nasional,” tegas Kepala RSUD Tais, dr Wiwin Herwini kepada BE, kemarin.

Dibeberkan lagi, dipastikan awal bulan Februari, swab PCR sudah bisa dilakukan. Hanya saja, dengan harapan segala proses yang tengah dilakukan saat ini berjalan dengan mulus termasuk pelatihan tenaga analis atau petugas. Termasuk dokternya lancar dalam proses pembuatan siapnya, sehingga dengan adanya PCR, bisa terdeteksi sedari dini. Agar Covid 19 di Seluma bisa terdeteksi dari awal dan penanganan bisa dilakukan dengan maksimal.

Disampaikan lagi, untuk teknis pelaksanaan pengambilan sampel PCR sendiri, akan dilakukan setelah dikeluarkannya hasil asesmen yang akan dilakukan. Namun, sampel yang akan diambil jelas secara serentak berjumlah 16 orang setiap kalinya. Untuk waktu hasil sampel keluar paling lama hanya memakan waktu 5 hari, sehingga waktu yang cepat ini bisa mengatasi berkembangnya Covid-19 dan dinas terkait juga bisa melakukan pemutusan mata rantai.

“Waktu yang cepat ini jelas akan memotong waktu untk penindakan dan pencegahan,” sampainya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*