Akhir Mei, Kuota CPNS Keluar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu memastikan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan digelar pada bulan Juni mendatang.  Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi mengatakan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) telah menetapkan bulan Juni mendantang pendaftaran CPNS akan dilakukan serentak di Indonesia, termasuk di Bengkulu Provinsi Bengkulu.

“Pada Juni atau setelah Pilkada sudah mulai pendaftarannnya,” ujar Diah kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (17/5).

Mesti telah diberikan petunjuk teknisnya, namun kuota CPNS belum disampaikan ke semua provinsi maupun kabupaten/kota. Diah memastikan, kuota itu akan dikeluarkan pada akhir bulan Mei ini. “Akhir bulan Mei ini sudah dikeluarkan, karena memang itu jadwalnya,” bebernya.

Dian menjelaskan, pemprov telah mengusulkan kuota CPNS sebanyak 683 orang CPNS. Terbagi untuk formasi guru 637 orang dan formasi tenaga kesehatan serta tenaga teknis sebanyak 46 orang. Menurutnya, usulan 3 formasi itu memang dibutuhkan. Apalagi guru, yang masih banyak kekurangan.

“Guru memang paling banyak kurang. Disamping itu, ada tenaga kesehatan dan tenaga teknis,” tambah Diah.

Dari usulan itu, dipastikan semua bisa disetujui. Sebab, peluang pemprov merekrut CPNS masih memenuhi syarat.
Diah mengatakan, daerah tidak bisa mengusulkan CPNS jika belanja pegawainya di atas 50 persen dari total APBD-nya. Sementara pemprov saat ini, belanja pegawai hanya berada diangka 31 persen. “Mudah-mudahan disetujui. Kita tunggu dulu,” terangnya

Sementara itu, untuk pelaksanaan seleksi CPNS sendiri akan dilakukan pada bulan Juli sampai September. Kemudian pengumuman kelulusan CPNS ditargetkan pada bulan Agustus sampai bulan September 2018. Lalu dilanjutkan dengan pemberkasan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) pada Oktober 2018.  “Untuk pelaksanaan seleksi kita gelar di Bengkulu. Karena memang kita sudah siap untuk memfasilitasi. Tinggal nanti BKN yang melakukan seleksi secara langsung,” tandas Diah. (151)