Akhir Juli, Pemprov Bengkulu Launching E-Planning

Foto Ist Plt-Gubernur-Rohidin-Mersyah
Foto Ist Plt-Gubernur-Rohidin-Mersyah

Bengkulu,Bengkuluekspress.com– Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Bengkuku bakal merealisasikan penerapan E-Planning dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Launching E-Planning tersebut dilakukan pada akhir Juli mendatang.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr H. Rohidin Mersyah MMA menuturkan kepada bengkuluekspress.com, Kamis (12/07/18),

“Kita launcing E Planing sekitar akhir Juli dan paling lambat awal Agustus. Hal tersebut sudah berdasarkan reses DPRD, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)
serta usulan dari masyarakat.”

Penerapan E-Planning diharapankan dapat memberikan kemudahan bagi semua pihak, baik masyarakat dan semua stakeholder terhadap akses informasi sebagai acuan untuk berpartisipasi dan melakukan pengawasan.

Ini nantinya dapat membantu terbangunnya sikap positif para stakeholder dan terhindarnya dari sikap apriori terhadap program pembangunan di daerah akibat keterbatasan informasi. Ketersediaan informasi di dalam E-Planning nantinya mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam program pembangunan daerah.

Penerapan E-Planning memiliki tujuan antara lain, meningkatkan koordinasi dan pemahaman yang sama antara pemerintahan pusat dan daerah dalam penerapan aplikasi E-Planning dalam perencanaan pembangunan daerah, serta menjaring masukan dan ajang berbagi pengalaman daerah dalam pengembangan dan pemanfaatan aplikasi E-Planning dalam penyusunan dokumen rencana pembangunan daerah.

“Untuk sekarang pada rapat forum satuan kerja perangkat daerah (SKPD), E-Planing kita sudah siap. Bahkan Pra Rancangan Kerja Anggaran (RKA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga sudah siap. Maka akhir Juli mendatang kita launching sekaligus memasukan E- Buggetingnya,” tutup Rohidin.(HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*