AKBP Iksantyo Bagus Pramono SH MH

Demi Panggilan Hati

IMG_9044AKBP Iksantyo Bagus Pramono SH MH, baru saja dilantik oleh Kapolda Bengkulu sebagai Kapolres Bengkulu. Pria kelahiran Surabaya, 9 Juli 1970 ini selama ini menjabat sebagai
Kasubditregident Polda Bengkulu sejak tahun 2011. Sangat ramah dan murah seyum, namun tidak menutupi sikap tegasnya sebagai seorang Perwira Polisi. Hal ini tampak pada semangatnya untuk menjaga kemananan di wilayah Kota Bengkulu. Dikatakannya, keamanan masyarakat adalah tugas nomor satu yang dia emban. “Sebab dengan masyarakat merasa aman, maka dapat dengan nyaman melakukan aktifitas apapun. Maka, bagi saya keamanan adalah yang paling utama,” ujar suami dari Dr Meity Ardiana SPJP ini.
Mengenai pengalaman yang paling mengesankan selama menjalankan tugas, Bagus menceritakan, dirinya pernah mendamaikan konflik kerusuhan kemanusiaan antar etnis di Sampit, Kalimantan Tengah, yang menurutnya sangat melelahkan serta memompa adrenalis. “Alhamdulilah dapat diselesaikan, dengan damai,” ceritanya.
Bagus sendiri menjadi anggota Polri, karena mengikuti jejak ayahnya dan kakaknya yang bertugas sebagai TNI AL.
Dia, sejak kecil telah bercita-cita menjadi taruna Akabri, demi memenuhi panggilan hati. “Cita-citanya, memang menjadi taruna Akabri, seperti orang tua dan kakak kami. Memang sudah panggilan hati,” ujarnay dengan senyum.
Berkat dedikasinya, perjalanan karirnya sebagai anggota Polri terus cermerlang. Dimulai dengan bertugas sebagai Pamapta Polres Kapuas, Polda Kalimantan Tengah pada tahun 1993, kemudian Kasat Lantas Polres Muara Tewe, Polda Kalimantan Tengah tahun 1994, dan Kasat Lantas Polresta Palangkaraya, Polda Kalteng 1996. Kemudian, PJS Kabag Tatib Ditlantas Polda Kalimantan Tengah tahun 1997, Kanit Curanmor Dit Serse Polda Kalteng tahun 2000, Kabag Ops Polres Kotim Polda Kalteng 2001, Kabag Ops Barut Polda Kalteng 2001. Karirnya terus menanjak, kemudian diangkat menjadi Kabag Ops Polresta Palangkaraya Polda Kalteng 2002, Kabag Ops Polres Tabong Polda Kalsel 2004. Beberapa tahun kemudian, setelah malang melintang menjabat sebagai Kabag Ops di beberapa Polres, Bagus diangkat menjadi Waka Polres HSS Polda Kalsel tahun 2006. Tak lama, dia diangkat menjadi Koorspripim Polda Kalsel tahun 2006 hingga 2007. Karirnya terus menanjak naik, menjadi kasi STNK Polda Kalsel, Kabag Bindiklat Polda Kalsel 2008. Pada tahun 2009, pria yang merupakan anak mantan Danlanal Bengkulu Kolonel Hartanto, masuk ke Bengkulu betugas sebagai Kabag Bin Ops Polda Bengkulu, kemudian Kasubditregident Polda Bengkulu 2010, dan akhirnya menjabat Kapolres Bengkulu.
Dia mengatakan, jabatan yang diberikan kepadanya merupakan amanah dan tugas negara yang harus dijalankan dengan baik.
“Jabatan itu adalah amanah, sehingga harus dijalankan dengan baik,” jelasnya.(12/6).
Sebagai Kapolres Bengkulu, Bagus akan melanjutkan tugas-tugas Kapolres sebelumnya AKBP Joko Suprayitno SST, MK yang dianggap sudah sangat baik. Dia tetap akan melanjutkan kekompakan anggota dan menjaga stabilitas keamanan Bengkulu, terlebih lagi senantiasa menjadi mitra masyarakat. Kapolres juga mengingatkan agar anggota Polres Bengkulu, tetap menjalankan dan melaksanakan semangat kerja, seperti saat dipimpin oleh Kapolres sebelumnya.
Pria tampan berdarah “Arek-arek Suroboyo” ini, siap menjadikan Polres Bengkulu, mengayomi dan melayani masyarakat. “Keberhasilan saya adalah keberhasil semua anggota. Saya harapkan, kinerja selama ini sudah bagus, tetap dijaga dan ditingkatkan,” ujarnya.
Bapak yang memiliki enam buah hati ini, bersama anggotanya siap berkomitmen meningkatkan Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kota Bengkulu. “Untuk program kerja, kita akan menjalankan sesuai dengan amanah dari Kapolda untuk meningkatakan Kamtibmas. Serta melanjutkan kinerja yang sudah bagus dari Kapolres sebelumnya,” ujar Pria yang taat menjalan salat ini.(Doni)

Untitled



  • Annisa Ayutya 15 Juni 2013 at 09:34

    Check it out!