Akbar Sebut Dahlan Berpotensi jadi Capres

JAKARTA – Mantan Ketua DPR RI Akbar Tandjung menyebut Menteri BUMN Dahlan Iskan sebagai figur potensial untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang. Menurut Akbar, Dahlan bisa menjadi calon presiden (capres) ataupun calon wakil presiden (cawapres).

Akbar berpendapat, Dahlan punya modal untuk maju di Pilpres karena saat menjadi Menteri BUMN sudah melakukan berbagai terobosan. Hanya saja, kata Akbar, terobosan saja belum cukup karena Capres/cawapres harus diusung partai politik.

“Masih ada waktu dua tahun lagi bagi Dahlan untuk meningkatkan performa kinerja dan kapasitasnya,” kata Akbar Tandjung, kepada pers, di Jakarta, Rabu (17/10), menyikapi munculnya tulisan di situs berita online yang menulis suet “Dahlan-Akbar” sebagai pasangan capres-cawapres alternatif.

Selain soal kendaraan partai politik yang mau mengusung, lanjut Akbar, yang tak kalah penting adalah membangun koalisi dengan partai lain. Hal ini penting karena koalisi akan menguatkan pencalonan dan dukungan bagi pasangan capres.

Hanya saja Akbar mengatakan, masih terlalu dini bicara soal pasangan capres-cawapres. Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini menegaskan, saat ini situasi maupun kondisi politiknya masih terlalu cair, sehingga hanya beberapa nama saja yang sudah berani mendeklarasikan diri.

Namun demikian Akbar mengatakan, dalam politik selalu muncul berbagai kemungkinan. ”Kita liat saja nanti. Politik itu kan dinamis,” kilahnya.

Bagaimana dengan kemungkinan Dahlan diusung Partai Demokrat? Akbar berpendapat hal itu cukup logis, meskipun sejumlah partai juga melirik Dahlan. “Karena Dahlan pembantu Presiden, maka dia pun dekat dengan Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Ketua Dewan Pembina Demokrat. Dia (SBY) tahu bagaimana kinerja dan sosok Dahlan,” ungkapnya.(jpnn)