Ajukan Penambahan Truk Sampah

Foto : ist

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) berencana mengajukan penambahan truk sampah. Selain truk sampah, sarana dan prasarana pendukung akan diajukan pada APBD tahun 2019 nanti. Hal tersebut dilakukan untuk menanggulangi masalah sampah di Kabupaten Bengkulu Utara, khususnya Kota Arga Makmur.

Jumlah kendaraan pengangkut sampah atau alat pendukung untuk menanggulangi sampah di Kabupaten Bengkulu Utara sangat minim dan banyak yang sudah berumur tua sehingga tidak bisa beroperasi. Saat ini hanya ada 4 unit kendaraan pengangkut sampah beroperasi, 4 unit lainnya sudah rusak. Rinciannya, dua unit truk arm roll sampah, enam unit dump truk dan satu unit Toyota Kijang Pick Up.

“Banyak kendaraan angkut sampah milik kita tidak layak beroperasi karena usianya sudah tua, ada yang tahun pembuatan 1998 dan tahun 2000,” jelas Kepala DLH Bengkulu Utara, Drs H Akmaludin.

Dijelaskan Akmaludin, alat pendukung untuk merapikan taman kota juga kurang  layak. DLH Bengkulu Utara hanya memiliki satu unit chainsaw (mesin potong kayu) dan 13 unit mesin potong rumput. Terkait jumlah petugas kebersihan sebanyak 176 orang.

Dengan rincian 8 sopir truk arm roll dan dump truk dan 32 kenek, 13 orang operator mesin rumput, 4 orang pemangkas dahan pohon, 9 orang pengumpul sampah, 100 orang penyapu jalan, 4 orang pemungut retribusi sampah dan 6 orang pengawas lapangan. Petugas kebersihan enam hari kerja, hari minggu mereka libur.¬† “Petugas kebersihan enam hari kerja, karena gaji hanya cukup untuk enam hari saja,” pungkas Akmaludin.(167)