Ajak Warga Tanam Tanaman Lokal

Foto : IST

LUAS, Bengkulu Ekspress – Camat Luas Kabupaten Kaur, Indra Jaya SPd, mengimbau sejumlah warganya untuk dapat memanfaatkan perkarangan rumah yang ada di tempat tinggalnya masing-masing. Potensi perkarangan yang selama ini ada diminta untuk dapat dikembangkan dan dimanpaatkan.

“Saya mengajak kepada warga agar manpaatkan lahan pekarangan dengan menanam tanaman lokal dan tentunya dapat menghasilkan uang,” imbau Camat.

Dicontohkan Indra, misalnya ada lahan perkarangan yang berukuran 4×6 meter kemudian dikembangkan dan diolah dengan baik. Setidaknya keluarga tersebut tidak perlu repot lagi untuk mencari sayur mayur, dan bahkan bisa menghasilkan uang yang dapat menambah penghasilan keluarga. “Saya sudah sampaikan hal ini kesetiap kades dan meminta menyampaikan dengan sejumlah masyarakat didesanya agar dapat memanpaatkan lahan yang ada,” terangnya.

Ditambahkannya, untuk jenis tanaman yang sangat cocok dengan iklim tropis untuk Kabupaten Kaur diantaranya tanaman lokal seperti singkong, ketela jalar, serta beberapa tanaman lain salah satunya pisang. Juga dengan memanfaatkan pekarangan disekitar rumah masing-masing ini bisa membantu ekonomi keluarga. “Di Kaur rata-rata seluruh perkarangan rumahnya masyarakat luas belum lagi biasanya ada lahan tidur. Tentunya kalau hal ini dapat dimanfaatkan dan akan menambah penghasilan keluarga itu sendiri,” tandasnya. (618)