Ajak Warga Giatkan Ronda

TANJUNG KEMUNING, Bengkulu Ekspress – Belakangan ini sejumlah desa di wilayah Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur sering terjadi aksi-aksi yang tidak diharapkan. Hal ini membuat masyarakat resah salah satunya aski si tangan jahil yang sering mencuri motor yang diparkir dan mensatroni sejumlah rumah rumah yang tinggal.

“Dua hari lalu terjadi Curanmor di Desa Aur Ringit, dimana motor dalam rumah dicuri maling,” kata Camat Tanjung Kemuning Erdian SPd, kemarin (24/4).

Menyikapi hal ini, Camat meminta kepada sejumlah masyarakat di sejumlah desa untuk kembali giat mengaktifkan ronda malam atau lebih dikenal dengan Puskamling. Karena dengan diaktibkannya ronda malam disetia desa, ini dapat mencega angka kriminalitasa tersebut. Sebab jelang bulan puasa ini angka kriminilitas makin meningkat.

“Ini salah satu solusinya mengaktifkan kembali Puskamling, dan saya harap kepada kades untuk dapat memberitahukan hal ini kepada warganya serta mengatur jadwal untuk melaksanakan ronda malam,” haranya.

Ditambahkannya, selain itu dia juga berharap kepada masyarakat untuk menjadikan polisi sebagai mitra sehingga dapat berkordinasi dengan baik bersama petugas kepolisian. Tidak hanya itu warga juga diminta untuk tidak bertindak diluar hukum artinya tidak boleh main hakim sendiri sebab yang diinginkan adalah tercapainya suasana aman tentram dan damai. “Jika terdapat hal-hal yang mencurigakan segera laporkan ke pos jaga serta sampaikan kepada aparat kepolisian terdekat agar secepatnya diambil tindakan dan jangan main hakim sendiri,” jelasnya.(618)