Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan

PANEN: ketua TP PKK BS, saat panen sayuran di pekarangan warga Desa Lubuk Sirih Ilir, Manna, Rabu (11/3).

MANNA, Bengkulu Ekspress – Ketua Tim Penggerak PKK Bengkulu Selatan (BS), Nurmalena Gusnan memberikan apresiasi kepada warga Desa Lubuk Sirih, Manna.

Pasalnya di desa ini warga sudah memanfaatkan pekarangannya untuk ditamani sayur dan buah-buahan.“ Mari kita contoh warga Desa Lubuk Sirih ini, yang tidak membiarkan pekarangan mereka terlantar,” katanya usai memanen tanaman sayuran di pekarangan rumah warga di Desa Lubuk Sirih Ilir, Rabu (11/3).

Dikatakan Nurmalena, dengan memanfaatkan lahan pekarangan tersebut, maka warga tidak akan kekurangan sayuran dan buah-buahan. Bahkan jika pekarangannya luas, hasil produksinya bisa dijual, hingga bisa menambah penghasilan keluarga.

“ Dengan pekarangan ditanami sayuran,maka tentu kita bisa menghemat biaya untuk keperluan dapur bahkan bisa menambah penghasilan keluarga,” ujarnya.

Oleh karena itu, Nurmalena mengajak seluruh warga BS, untuk tidak bermalas-malasan lagi, sehingga ke depan tidak ada lagi pekarangan warga di BS dibiarkan kosong. Namun semuanya ditanami sayuran dan buah-buahan, seperti ubi, cabai, terung, kol, sawe, jambu, rambutan, nangka, papaya dan tanaman lainnya.

“Kalau pekarangan dibiarkan kosong, tentu rumah kita akan panas, namun jika ada tanaman rumah akan sejuk dan pekarangan juga menjadi hijau,” demikian Nurmalena.

Camat Manna, Turman SE mengatakan, saat ini warga Kecamatan Manna sudah mulai memanfaatkan pekarangan mereka dengan ditanami sayuran dan buah-buahan.

Hanya saja, yang menjadi keresahan warga, saat ini masih banyak ternak berkeliaran.Hal tersebut sering membuat tanaman warga gagal panen.

Sehingga sebagian ada yang malas menanami pekarangannya.“ Musuh utama untuk pemanfaatan pekarangan yakni hama ternak yang berkeliaran, kalau semua ternak dikandangkan, saya yakin ke depan tidak akan ada lahan tidur di wilayah kami,” terang Turman. (369)