Air Terjun Tri Muara Karang Dihibahkan ke Pemda

Air Terjun Tri Muara Karang yang ada di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi yang lahannya dihibahkan pemiliknya kepada Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Dukungan masyarakat untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Rejang Lebong terus bermunculan. Salah satunya dengan dihibahkannya lahan objek wisata Air Terjun Tri Muara Karang yang ada di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi.

Nazor pemilik lahan yang menghibahkan kawasan Air Terjun Tri Muara Karang kepada Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, mengaku ia dengan sukarela menghibahkan kawasan objek wisata tersebut dengan harapan nantinya kawasan tersebut bisa dikembangkan sebagai lokasi objek wisata unggulan di Kabupaten Rejang Lebong.

“Total lahan yang saya hibahkan ke Pemda itu sekitar 3 hektar, baik area parkir sekarang maupun lokasi air terjunnya,” aku Nazor.

Menurut Nazor, dengan dihibahkannya lahan miliknya tersebut, maka diharapkan kawasan objek wisata yang terdapat beberapa air terjun baik hangat maupun dingin tersebut bisa mendapat sentuhan pembangunan dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.

Karena menurut Nazor bila objek wisata tersebut dikembangkan maka pengunjung akan lebih banyak yang datang.Bila wisatawan banyak yang datang maka nanti dampaknya akan luas bagi masyarakat di sekitar kawasan Air Terjun Tri Muara Karang.

“Nanti kalau dibangun, saya harapkan bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat termasuk para pemuda-pemuda desa kita,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Dra Upik Zumratul Aini MSi membenarkan perihal dihibahkannya lahan objek wisata Air Terjun Tri Muara Karang tersebut.

Upik mengaku sebelumnya ia sempat terkejut dan haru karena masyarakat dengan sukarela menyerahkan lahan mereka untuk Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong.”Kami menyampaikan terima kasih, dan saat ini proses hibahnya masih berjalan,” terang Upik.

Dengan telah dihibahkannya kawasan objek wisata Air Terjun Tri Muara Karang tersebut, menurut Upik, pihaknya akan memasukkan kawasan tersebut kedalam rencana induk pengembangan pariwisata di Kabupaten Rejang Lebong, mudah-mudahan menurut Upik pada tahun 2021 mendatang, kawasna objek wisata tersebut sudah mendapat sentuhan pembangunan.

Karena diakui Upik selama ini kawasan tersebut belum mereka kembangkan karena masih terganjal lahan yang masih milik pribadi masyarakat.”Selama lahan yang dihibahkan tersebut belum mendapat kita lakukan pengembangan, maka masyarakat masih bisa memanfaatkannya seperti untuk bercocok tanam dan lainnya,” tambah Upik.

Selain itu, menurut Upik, dalam pengembangan kawasan tersebut, menurut Upik pihaknya juga akan melibatkan masyarakat sekitar termasuk untuk menjamin keamanan para pengunjung yang berkunjung ke objek wisata Air Terjun Tri Muara Karang yang memiliki jarak sekitar 2 Km dari jalan penghubung antara Kecamatan Sindang Kelingi dengan Kecamatan Sindang Dataran tersebut.(251)