Air Sungai Masih Aman

sungai-mukomukoMUKOMUKO, BE –  Sekitar belasan  air sungai yang ada di  kabupaten Mukomuko untuk sementara kualitasnya masih aman atau belum ada sungai yang tercemar. Meskipun di daerah tersebut banyak pabrik pengolahan sawit mentah. “Saat ini hasil pengujian air sungai tengah diproses. Untuk sementara kita prediksikan air sungai di daerah ini  masih aman,” ungkap Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Risber A Razak dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (13/1).

“Di daerah ini memang ada terdapat sejumlah industri besar, sehingga potensi pencemaran memang tinggi. Dan belum ditemukan pencemaran yang sangat berbahaya,” katanya. Hasil pengujian air tersebut nantinya akan dilaporkan ke pemerintah pusat. Yang bertujuan agar pemerintah pusat dapat melakukan kajian lebih lanjut. Terutama jika ada air sungai yang benar – benar sudah tercemar. Sehingga akan dilakukan penanganan sesegera mungkin. “Laporan terbaru akan segera kita sampaikan ke pusat. Khusus untuk laporan sebelum – belumnya  yang telah disampaikan, air sungai di daerah masih masuk dalam kategori aman,” ujarnya.

Kendati  demikian, kata Risber, air sungai yang aman dari pencemaran itu, bukan berarti aman  untuk di konsumsi oleh masyarakat. Karena air sungai belum dapat dipastikan layak untuk dikonsumsi. Walaupun ada, hanya beberapa titik lokasi sungai. Itupun harus dilakukan pengolahan lebih lanjut. Seperti air sungai Selagan, yang boleh dikonsumsi itu air yang berada di hulu. Itupun harus melalui proses seperti dimasak hingga matang dan lainnya. “Hingga saat ini kita belum pernah menyampaikan secara resmi bahwa air sungai di daerah ini aman untuk dikonsumsi. Yang jelas air sungai di daerah ini masih aman dari pencemaran yang membahayakan,” demikian Risber. (900)