Air Meles Bawah ke Nasional

uppksCURUP, BE – Progam unggulan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong kembali berkompetisi di tingkat nasional. Pada tanggal 18 Juni 2013 mendatang, Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Desa Air Meles Bawah Kecamatan Curup Timur di bawah Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP dan KB) Kabupaten RL akan mewakili Provinsi Bengkulu mengikuti lomba UPPKS tingkat nasional di Kendari, Sulawesi.
Di pilihnya UPPKS Desa Air Meles tersebut, karena telah berhasil menjadi juara I lomba UPPKS tingkat Provinsi Bengkulu. Kepala BPP dan KB Kabupaten RL Drs H Syafri ditemui wartawan, Selasa (28/5) mengungkapkan, dari 62 kelompok UPPKS binaan Badan PP dan KB di Kabupaten RL ini, kelompok UPPKS dari Desa Air Meles Bawah memiliki hasil olahan makan yang unik yang sebelumnya belum dilakukan kelompok atau orang lain.
Selain itu, bahan yang digunakan bisa dengan mudah didapatkan, karena banyak di lingkungan sekitar. Olahan makannya yaitu, dendeng pucuk ubi dan poong (peyek pakis).  “Karena cukup unik, kita kirim mengikuti lomba ke tingkat provinsi.  Alhamdulillah, di tingkat provinsi juga berhasi jadi juara I,” ujar Syafri.
Dijelaskan Syafri, karena sudah berhasil jadi juara UPPKS tingkat provinsi, dendeng pucuk ubi dan peyek pakis berkesempatan mengikuti bazar Nusantara di Kendari. “Nanti dendeng pucuk ubi dan peyek pakis akan dipamerkan di sana, sekaligus ajang promosi,” tuturnya.
Program lanjutan yang akan dilakukan, olahan makan tersebut asli ide masyarakat RL itu, rencananya akan dipatenkan dan didaftarkan ke BPOM RI. Sehingga, menjadi makan khas Kabupaten RL. Syafri berharap, keberhasilan UPPKS Air Meles Bawah ini bisa menjadi motivasi bagi kelompok UPPKS lainnya, agar memproduksi olahan yang kreatif dan inovatif. Selain itu, Syafri berharap kelompok UPPKS Air Meles Bawah, mampu keluar menjadi juara di tingkat nasional.” Ide orisinil dan memanfaatkan apa yang ada dilingkungan sekitar, diharapkan bisa menjadi juara tingkat nasional,” terangnya.
Selain itu, Kabupaten RL juga berhasil menjadi juara I lomba mars Bina Keluarga Balita (BKB). Mars BKB hasil aransement Tri Sukarsono, guru SMAN 1 Curup Selatan dan syair dibuat Hj Susilawati ini dinyanyikan kelompok paduan suara SMAN 1 Curup Selatan. “Nanti mars BKB ini juga akan dilombakan di tingkat nasional. Jika tak ada halangan, pengumuman di tingkat nasional akan diumumkan bulan Juli,” tutup Syafri. (999)