Air Kurang, Sawah Alih Fungsi

sawah alih fungsi sawit, penindaian
KEDURANG ILIR, BE – Areal pertanian sawah di Desa Penindaian, Kedurang Ilir, saat ini semakin sempit. Pasalnya, sudah sekitar 60 persen sawah di desa itu alih fungsi.
Kaur Pemerintahan Desa Penindaian, Sukarman kepada BE mengatakan, sebelumnya areal persawahan di desanya ada sekitar 48 hektar. Namun saat ini hanya tersisa 22 hektar lagi yang digarap untuk sawah. Selebihnya atau sekitar 26 hektar sudah beralih menjadi lahan perkebunan kelapa sawit dan karet.
Banyaknya alih fungsi sawah ini, sambung Sukirman, akibat sawah tersebut kekeringan air. Sebab pasokan air irigasi dari Sungai Kedurang sudah sangat kecil. Kejadian tersebut sudah berlangsung hingga 7-8 tahun lalu. Oleh karena itu, dirinya berharap pemda Bengkulu Selatan (BS) dapat segera menambah debit air Kedurang serta membangun kembali saluran irigasi di desanya. Agar alih fungsi sawah di desanya tidak bertambah lagi. Bahkan dirinya pun memperkirakan jika pasokan air irigasi normal, maka sawah yang sudah ditanam sawit dan karet akan kembali menjadi sawah.
“Saat ini sawit dan karet petani di sawah sudah panen akibat sawah sudah terlalu lama kering, kami berharap pemda dapat menambah debit air kedurang serta membangun irigasi di desa kami agar pasokan air ke sawah-sawah petani kembali normal,” harap Sukarman. (369)