Agustus, Mobnas Tak Bayar Pajak Ditarik

mobilTAIS, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten Seluma mulai bertindak tegas terhadap pemakai mobil dinas dan motor dinas yang tidak membayarkan pajak kendaraannya. Pada bulan Agustus mendatang Pemerintah Kabupaten Seluma berencana menarik kendaraan yang tidak dibayarkan pajaknya tersebut dari pemakainya,  baik Kepala Desa maupun pegawai di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) .

“Ini perintah dari pimpinan untuk menarik kendaraan dinas milik Kades. Jika tidak membayar pajak hingga Agustus mendatang, maka kendaraan dinas tersebut akan ditarik,” tegas Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Syaiful Anwar SPd MPd kepada BE kemarin.

Syaiful tidak menampik banyak kendaraan dinas yang dibeli dari  anggran dana alokasi khusus (DAK) tidak dibayarkan pajaknya. Bahkan juga tidak melakukan pembayaran KIR. Kendaraan dinas yang tidak dibayarkan pajaknua itu kebanyakan dari pengadaan tahun 2007 hingga 2012.

“Dari sekian banyak kendaraan dinas beberapa diantaraya tidak pernah melakukan kewajiban bayar pajak. Hal tersebut diserahkan sepenuhnya ke pimpinan nantinya,” tegasnya.

Disampaikan, beberapa diantara kendaraan dinas tersebut hingga saat ini memang tidak bayarkan pajaknya. Pajak tersebut harus dibayarkan menggunakan angaran desa. Mengingat anggaran desa besar nilainya. Sekalipun pembayarannya dilakukan dengan cara dicicil.Syaiful menambahkan, terkhusus bagi  desa yang anggarannya tidak mencukupi bisa saja membuat surat peryataan membayar pajak tepat waktu dan melunasi sisa pajak ditahun mendatang. Hanya saja hal tersebut diterima atau tidak oleh pimpinan belum bisa dipastikan. Mengingat hal tersebut wewenang dari pimpinan.

“Terpenting mana kendaraan yang tidak bayar pajak datanya akan disampaikan ke meja Bupati dan wakil Bupati dan keputusannya berada di tangan pimpinan di Seluma ini,” tegasnya. (333)