Agustus, 45 Dewan Provinsi Terpilih Dilantik

BENGKULU, BE – Setelah menuntaskan pleno rekapitulasi perolehan suara partai politik di KPU RI pada Jumat (9/5) kemarin, pukul 09.00 WIB pagi ini (12/5) Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu akan menetapkan 45 anggota DPRD Provinsi Bengkulu yang terpilih pada Pemilu 9 April lalu.
Penetapan anggota dewan untuk masa periode jabatan 2014-2019 ini, akan dilaksanakan di Hotel Horizon Bengkulu yang akan di hadiri Gubernur Bengkulu, Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (FKPD) Provinsi Bengkulu, saksi partai politik peserta pemilu dan Bawaslu.
Adapun 45 orang anggota dewan terpilih ini jumlah terbanyak berasal dari PDI Perjuang sebanyak 7 orang,  Demokrat 6 orang, Golkar, Gerindra dan PAN sama-sama 5 orang. Sedangkan dari partai lain, seperti NASDEM dan PKB masing-masing 4 orang. Sementara yang berasal dari PPP dan PKS sama-sama 3 orang.
Selain itu, dari Partai HANURA juga terdapat 2 orang, sementara PKPI hanya 1 orang saja atas nama Drs Gustianto dari Daerah Pemilihan Seluma.
Dari hasil tersebut, maka  posisi ketua DPRD Provinsi Bengkulu selama 5 tahun ke depan akan dipegang oleh PDI Perjuangan.
Diketahui pula, diantara 45 dewan terpilih tersebut, hanya 11 orang yang incumbent atau yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Bengkulu, sedangkan 34 orang lainnya merupakan wajah baru yang baru yang baru terjun ke dunia politik dan ada pula yang menjabat sebagai anggota DPRD kabupaten/kota dalam wilayah Provinsi Bengkulu.
“Pagi besok (pagi ini,red) 45 orang anggota Provinsi Bengkulu yang terpilih akan kita tetapkan dalam rapat pleno terbuka,” ungkap Anggota KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto SP MSi saat dihubungi BE, sore kemarin.
Menurutnya, setelah ditetapkan sebagai pemenang, maka anggota dewan terpilih ini tinggal menunggu pelantikan yang akan dilaksanakan pada akhirnya Agustus atau awal September mendatang.
“Kami hanya menetapkan, kalau masalah pelantikan itu sudah ranah sekretariat DPRD Provinsi Bengkulu,” terangnya.
Menurutnya, selaian penetapan anggota DPRD Provinsi, juga dilakukan penetapan anggota dewan terpilih kabupaten/kota oleh KPU setempat. Karena berdassarkan tahapan Pemilu, bahwa penetapan legislatif terpilih untuk tingkat kabupaten/kota dan provinsi paling lambat tanggal 13 Mei besok.
“Pokoknya tanggal 13 Mei itu penetapan semua anggota dewan terpilih 2014-2019 sudah tuntas,” tukasnya.

Parpol Menggugat
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu memberikan kesempatan kepada partai polilitik peserta Pemilih, khususnya di Provinsi Bengkulu mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi bila tidak menerima hasil Pemilu 9 April lalu.
“Sekarang memang waktunya menggugat hasil Pemilu ke MK, karena sesuai dengan tahapan yang sudah ditetapkan bahwa peserta Pemilu diberikan kesempatan menggugat maksimal 3 hari setelah penetapan hasil Pemilu oleh KPU RI,” ungkap Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto SP MSi kepada BE, kemarin.
Menurutnya, bagi partai di daerah yang ingin melayangkan gugatan bisa bergabung dengan partainya di tingkat pusat, dan gugatan pun dilakukan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai tersebut.
“Kalau di daerah dilayani, kecuali gugatan antara sesama caleg dalam satu partai, gugatannya pun melalui Bawaslu Provinsi Bengkulu,” terangnya.
Tidak hanya partai politik, Eko juga menyebutkan bahwa peserta Pemilu lainnya seperti calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) juga diberikan kesempatan yang sama.
“Semua peserta Pemilu boleh menggugat, nanti MK yang akan memutuskan,” imbuhnya.
Sebelumnya, saksi Parati Golkar LOvi Irawan lantang menyuarakan, bahwa pihaknya akan menggugat hasil Pemilu khususnya untuk suara calon DPR RI Dapil Provinsi Bengkulu.
Lovi menilai, Pemilu di Bengkulu kali ini sarat dengan kecurangan, karena dari 5 kabupaten yang dicermati ulang, hampir semuanya menemukan selisih suara yang cukup signifikan.
“Kami mendapati banyak selisih suara yang terjadi, kami tidak tahu apakah ini murni kesalahan penyelenggara atau memang ada unsur kesengajaan. Karenanya, kami akan melayangkan gugatan,” tegasnya.
Bukti ada naik-turun suara hasil pencermatan ulang itu, seperti selisih suara antara Golkar dengan PAN semakin berkurang menjadi 68 suara. Sebelumnya jumlah selesih  mencapai 88 suara.
“Kami optiomis, kita 10 kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu kembali dibuka C1 plano atau surat suaranya dihitung ulang, maka kami akan menang,” ujarnya.
Senada juga disampaikan Saksi PKB Provinsi Bengkulu, SUroto SE MSi. Menurutnya, meski PKB tetap berada di posisi nomor 6, namun perubahan suara setelah pencermatan ulang sangat terlihat. Seperti di Kabupaten Kaur suara PKB terjadi pengurangan sebanyak 12 suara, dan di Mukomuko juga turun 24 suara. Namun di Kabupaten Kepahiang dan BU masing-masing bertambah sebanyak 20 dan 30 suara.
Selain itu, Suroto juga mengungkapkan bahwa pihaknya menemukan jumlah DPT yang berbeda di Kabupaten Kaur, tepatnya di Kecamatan Tanjung Kemuning. Di daerah ini, Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tertuang dalam C1 sebanyak 6.178, sedangkan yang tertuang di dalam formulir DA sebanyak 4.666 DPT. “Kenapa itu bisa berubah, dan itu merurut kami salah satu bukti bahwa adanya indikasi penggelembungan suara,” bebernya. (400)

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu 2014-2019

DAPIL KOTA BENGKULU
No     NAMA CALEG            PARTAI
1.     DEDY ERMANSYAH, S.E.        NASDEM
2.     SEFTY YUSLINAH, S.Sos.        PKS
3.     AGUNG GATAM, S.E.        PDIP
4.     ELFI HAMIDY MARAH SUDIN        GOLKAR
5.     SUHARTO, S.E.            GERINDRA
6.     H. EDISON SIMBOLON, S.Sos M.Si.    DEMOKRAT
7.     HARI SUHARSYAH, S.H.        PAN
8.     MARAS USMAN, S.Sos.        PPP

DAPIL BENGKULU UTARA – BENTENG
1.     TANTAWI DALI, S.Sos.        NASDEM
2.     SIPTION MUHADY, S.Ag.        PKB
3.     SUJONO, S.P.            PKS
4.     IHSAN FAJRI, S.Sos.        PDIP
5.     Hj. YENNITA FITRIANI, M.H.    GOLKAR
6.     IRWAN ERIADI, S.E., M.Si.    GERINDRA
7.    CHAIRIL GUSWENDY, S.P.        DEMOKRAT
8.     H. YURMAN HAMEDI        PAN

DAPIL MUKOMUKO
1.     MUJIONO, S.I.P.            PDIP
2.    Ir. MUHARAMIN             DEMOKRAT
3.     ROSNA                PAN
4.     YULIA SUSANTI, S.H., M.H.    PPP

DAPIL REJANG LEBONG – LEBONG
1. RISWAN VERI                NASDEM
2. M. ARBI, S.H.            PKB
3. HERIZAL APRIANSYAH, S.Sos.        PKS
4. BATARA YUDHA PRATAMA S.Sos.        PDIP
5. KURNIA UTAMA, S.Sos., M.Si.        GOLKAR
6. H. DALHADI UMAR            GERINDRA
7. SUHARDHI. DS, S.H.            Demokrat
8. H. ARMANSYAH MURSALIN, S.E.        PAN
9. ARSOP DEWANA, S.E.            HANURA

DAPIL KEPAHIANG
1. H. EDI SUNANDAR            NASDEM
2. RAMLI                 PKB
3. KHAIRUL ANWAR, B.Sc.            PDIP
4. Ir. FIRDAUS DJAILANI            DEMOKRAT

DAPIL BS-KAUR
1. JOHARI SALIM, S.Sos.            PKB
2. SOHERI ERSUAN, S.H.            PPP
3. HELMI PAMAN, S.Sos.            PDIP
4. Drs. H. MULYADI USMAN, M.Pd.        GOLKAR
5. ASRUL ASADI, S.Sos.            GERINDRA
6. PARIAL, S.H.                PAN
7. RIA OKTARINA, S.Psi.            HANURA

DAPIL SELUMA
1. SRIE REZEKI, S.H.            PDIP
2. SALEHAN, S.Sos.            GOLKAR
3. JONAIDI, S.P.            GERINDRA
4. ELMI SUPIATI, S.Sos., M.M.        DEMOKRAT
5. Drs. GUSTIANTO              PKPI

PEROLEHAN KURSI
NO    PARTAI         JUMLAH KURSI
1.     PDIP          7
2.     DEMOKRAT    6
3.     GOLKAR         5
4.     GERINDRA     5
5.     PAN         5
6.     NASDEM        4
7.     PKB         4
8.    PKS         3
9.     PPP        3
10.     HANURA        2
11.     PKPI        1
12.     PBB         0
JUMLAH             45

SUMBER: REKAPAN BENGKULU EKSPRESS