Agung Automall Berikan Penghargaan ke Guru Berdedikasi se-Bengkulu

Branch Manager Agung Automall Bengkulu, Meriani menegaskan bahwa pihaknya akan memberikan penghargaan kepada guru yang sudah 25 tahun menjalankan tugasnya mendidik anak-anak di Bengkulu.  ‘’Kita mengharap PGRI memilih guru teladan yang telah 25 tahun mengabdi sebagai guru. Selain lama mengabdi, guru tersebut hendaknya juga menjadi panutan dan teladan bagi guru-guru di sekitarnya.  Kami berniat memberikan penghargaan atas pengabdian dan teladan yang telah mereka berikan selama ini,’’ ungkapnya saat ditemui BE di ruang kerjanya.

Menurut istri Drs Irihadi, M.Si ini, penghargaan yang diberikan kepada para guru tersebut merupakan bentuk rasa hormat dirinya kepada guru.  Selain itu, penghargaan tersebut merupakan program CSR dari perusahaan yang ia pimpin.  ‘’Beberapa tahun lalu, sebelum Bengkulu mekar menjadi banyak kabupaten seperti sekarang, Agung Automall sudah pernah melakukan hal serupa.  Saat itu kami memberikan bingkisan berupa cenderamata yang terbuat dari emas, kepada 4 orang guru teladan dari 3 kabupaten dan 1 kota di Provinsi Bengkulu.  Baru tahun ini, kami kembali mengulangi program tersebut,’’ ujar wanita karier yang selalu enerjik ini.

Penghargaan tersebut akan diberikan kepada 10 orang guru. Tegasnya, hanya satu guru teladanlah dari masing-masing kota dan kabupaten di Provinsi Bengkulu yang akan menerima penghargaan tersebut.  Penghargaan itu akan diberikan pada moment Jalan Sehat HUT Guru dan HUT Kesehatan yang akan digelar 2 Desember 2012 mendatang di Sport Center Pantai Panjang Kota Bengkulu. ‘’Penghargaannya berupa bingkisan emas seberat 6 gram,’’ ujar Meriani singkat.

Secara jujur, Ketua PGRI Kota Bengkulu, Muktarimin SPd, MPd mengakui bahwa sangat sulit untuk mencari guru yang ideal seperti syarat yang dirumuskan oleh pihak PT Agung Automall.  Pasalnya setiap sekolah pasti punya guru yang sudah cukup senior dalam bekerja dan juga menjadi teladan. ‘’Persoalannya, kami harus memilih satu diantaranya guru yang banyak yang memenuhi kriteria tersebut. Hal ini sudah sempat saya lontarkan ke pengurus PGRI Kota dan Kabupaten dalam Provinsi Bengkulu. Mereka semua mengakui, hal tersebut sangatlah sulit. Apalagi waktu yang ada sangat terbatas untuk melakukan seleksi secara konprehensif,’’ tuturnya.

Disampaikannya setiap tahun dalam organisasi PGRI melakukan penilaian atas kinerja guru selama ini. Ada tiga kualifikasi yang dinilai PGRI yakni guru penegak disiplin, guru berdedikasi, guru favorit. Guru penegak guru yang peduli dengan kondisi yang terjadi di sekolah, menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah.

Guru berdedikasi tinggi adalah guru yang dalam menjalankan tugasnya penuh dengan semangat, kerja keras tanpa pamrih, senantiasa meningkatkan profesionalnya tanpa mengeluh, punya kemauan keras dalam menjalankan tugas. ‘’Hujan badai, untuk guru yang berdedikasi kalau sudah waktunya bekerja ia akan tetap komitmen dengan tugas tersebut. Tidak menilai apa yang ia lakukan tersebut, akan dinilai atau tidak yang penting dia berbuat yang terbaik untuk menjalankan tugas profesinya,’’ tutur pria yang saat ini menjabat sebagai Kepala SMPN 19 Kota Bengkulu ini.

‘’Guru favorit  adalah  guru yang disenangi oleh siswa, oleh teman sejawatnya. Luwes supel dalam bergaul. Memiliki talenta untuk menjalankan tugas sehingga disenangi oleh siswa saat dia mengajar dan membimbing siswa. Untuk guru favorit, yang menilai adalah pihak sekolah, penilaian dari siswa,’’ ujarnya.

Yang sesuai dengan kriteria Agung Automall adalah guru yang berdedikasi tinggi.  Dimana walau usia sudah tua, masa kerja sudah lama, tempat kerja jauh dari rumahnya, namun tetap konsisten menjalankan tugasnya. ‘’Ya harus lama mengabdi.  Sudah usia diatas 50 tahun. Walaupun dr segi usia seharusnya sudah menurun.  Namun karena berdedikasi tinggi, usia tidak menjadi halangan.  Guru tersebut juga tidak punya masalah, tidak ada konflik di lapangan. Tidak pernah melalaikan tugas apa pun alasannya. Ikhlas dan bekerja keras,’’ tuturnya.

Sejalan dengan kesulitan yang dirasakan, Muktarimin berencana dalam waktu dekat ini akan melakukan rapat untuk merumuskan kriteria guru berdedikasi tinggi calon penerima penghargaan dari Agung Automall.  ‘’Memilih ini akan sangat-sangat sulit. Untuk memunculkan satu dari ribuan guru di satu daerah sangat sulit. Karena masing-masing sekolah tentu memiliki kandidatnya. Untuk itu, dalam waktu dekat, hal itu segera kami rumuskan,’’ tegasnya.(**)