AFPB 2018, 10 Film Lolos Ke Tahap Screening


BENGKULU, bengkuluekspress.com – Apresiasi Film Pendek Bengkulu (AFPB) kembali digelar. Acara bergengsi yang diselenggarakan Komunitas Film Bengkulu Rafflesia Motions, dengan jargon ‘Kita Punya Karya’ ini merupakan bentuk apresiasi kepada sineas Bengkulu untuk terus berkarya.

Koordinator Pelaksana, Dwi Aditya Nugraha, menuturkan, AFPB lahir karena minimnya wadah yang menaungi karya film sineas Bengkulu. Untuk itu, Rafflesia Motions tergerak mengadakan sebuah event yang awalnya bernama Parade Film Pendek Bengkulu pada tahun 2013.

“Kami merasa event ini harus ada di Provinsi Bengkulu dan sangat berpengaruh untuk perfilman di Bengkulu. Sehingga kegiatan ini menjadi agenda tahunan Rafflesia Motions sampai sekarang. Dan Apresiasi Film Pendek Bengkulu telah berhasil menjadi wadah untuk menampilkan film karya sineas lokal di Bengkulu. Karena sejatinya karya seni itu penghargaan tertingginya adalah bisa dinikmati setiap orang dan menjadi media penyampaian informasi & hiburan kepada khalayak,” tuturnya.

Pendaftaran AFPB sendiri telah dibuka sejak 01 November 2018. Sedangkan deadline pengumpulan film yaitu pada 30 Desember 2018. Pengumpulan film berlokasi di Sekretariat Rafflesia Motions, Jl. Irian RT. 07 RW. 05, samping masjid Nurul Iman, Kelurahan Semarang Kota Bengkulu.

Setelah berkas terkumpul dilakukan tahap kurasi, yaitu menyeleksi film yang layak di screening dan masuk nominasi. Terdapat 4 (empat) kategori film, yakni film fiksi pelajar dan dokumenter pelajar yang dikhususkan bagi kalangan pelajar SMP dan SMA. Serta kategori film fiksi umum dan dokumenter umum untuk kalangan Mahasiswa dan Umum.

Dari 20 film yang masuk ke tahap pendaftaran, 10 Film terbaik yang dinyatakan lolos tahap kurasi. Di kategori film fiksi pelajar terdapat 3 film yang lolos, yakni film ‘Pelangi di Atas Kanvas’, produksi SMK IT Khoiru Ummah, film ‘Tekad’ produksi SMKN 1 Seluma, dan film ‘Rapi’ Produksi SMKN 10 Bengkulu Utara.

Di kategori dokumenter pelajar terdapat 2 film yang lolos yakni film ‘Satu Kawasan Tiga Kepentingan’ produksi SMKN 10 Bengkulu Utara , dan Film ‘Impian’ produksi SMKN 3 Kota Bengkulu.

Kategori film fiksi umum terdapat 4 film yang lolos dan akan bersaing. Yakni film ‘Pesak’ Produksi Gras Pictures, film ‘Koko dan Maling’ Produksi CO-Cost Film, film ‘Antara Logika dan Mata Yang Berbeda’ produksi Proxicam, dan film keempat ‘Kewala’ produksi Ntahla Production. Sedangkan untuk kategori Dokumenter Umum hanya terdapat 1 judul film yakni ‘Keluarga Bhineka’ Produksi Pigura Production.

Setelah lolos tahap kurasi, film terpilih masuk ke tahap penjurian yang dilaksanakan pada 06 Desember 2018 di Hotel Santika Bengkulu. Penjurian film dilakukan oleh 3 juri yang berkompeten di bidang perfilman, yaitu Apek Kendri (Kameraman Senior BETV Bengkulu), Dedi Santoso (Profesional Composer Bengkulu), dan 1 juri berasal dari Jogja, yakni Seno Aji, Dosen di Jogja Film Academy.

Pemutaran film yang lolos kurasi (Screening) akan dilaksanakan pada Jum’at 21 Desember 2018 pukul 19:00 s/d selesai. Sedangkan Malam Penganugerahan Piala Rafflesia (Awarding Night) akan dilaksanakan pada Sabtu, 22 Desember 2018 di Ballroom Hotel Santika Bengkulu. Event Tahunan Sineas Bengkulu ini nantinya dimeriahkan juga dengan pameran lukisan, beragam hiburan kesenian, dengan dihadiri selebriti Bengkulu, duta dan seniman Bengkulu.

AFPB 2018 dengan tema Untukmu Bengkulu Kami Berkarya, persembahan Rafflesia Motions ini juga mendapat dukungan dari Pusbangfilm Kemdikbud RI, Hotel Santika Bengkulu, BETV, Bengkuluekspress.com dan PremierMagz.

Hanya dengan HTM 20K, tiket AFPB 2018 dapat dibooking melalui HP/WA atas nama Andini di nomor 0896-2867-7548. Mari beramai-ramai saksikan karya terbaik dari Sineas Bengkulu di Apresiasi Film Pendek Bengkulu 2018, ‘Untukmu Bengkulu Kami Berkarya’. (ibe/rls)