Adu Cantik Pehobi Ikan Louhan Bengkulu

Foto/Iman bengkuluekspress.com
Kepala Badan Karantina Ikan Provinsi Bengkulu, Ardinan Pribadi didampingi Ketua Forum KLBR meninjau ikan louhan yang mengikuti kontes perlombaan di Bencoolen Indah Mall, Jumat (11/5/18).

 

Bengkulu, bengkuluekspress.com – Berkepala jenong menjadi ciri khas dari ikan louhan. Ikan yang sempat booming pada tahun 2000-an ini nyatanya masih banyak diminati hingga kini. Termasuk di Kota Bengkulu.

 

Itulah alasan Komunitas Louhan Bumi Raflesia (KLBR) Bengkulu untuk pertama kalinya menggelar pameran dan kontes louhan selama tiga hari 11-13 Mei di Bencoolen Indah Mall (BIM). Juga sebagai wadah silaturahmi para pehobi ikan louhan.

“Kita perdana di Provinsi Bengkulu yang menggelar kontes louhan. Kita harapkan acara ini menjadi kegiatan positif bagi pecinta louhan Bengkulu,” ujar ketua forum KLBR Bengkulu, Meky Isra, saat ditemui bengkuluekspress.com, Jumat (11/5/18).

Kontes tersebut diikuti sebanyak 58 peserta di Provinsi Bengkulu. Bahkan ada beberapa peserta yang berasal dari Lampung. Jenis louhan yang diperlombakan yaitu jenis chencu dan chinghua.

 

Ada beberapa kategori penilaian point dari louhan yang diperlombakan. Dalam kontes aspek penilaian, bergantung dari bentuk badan ikan louhan. Mulai dari jenong hingga ekor, serta aksesori atau perpaduan warna dan bintik.

 

Kontes perdana tersebut dibuka langsung oleh Kepala Badan Karantina Ikan Provinsi Bengkulu, Ardinan Pribadi yang mendukung penuh kegiatan tersebut.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini. Kami berharap kedepannya kontes ini bisa lebih besar lagi. Mungkin tingkat nasional,” ungkapnya.

Ardinan menambahkan, pada umumnya Badan Perikanan tidak hanya mengurusi ikan olahan ikan mati, namun ikan hidup seperti ikan hias juga berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pihaknya mendukung penuh kegiatan yang dapat menunjang perekonomian masyarakat. (Imn)