Adipura, Nilai Masih Kurang

bundaran curupMESKI Kabupaten Rejang Lebong (RL) lolos dalam penilaian Adipura tahap pertama, namun angka kebersihan sejumlah kantor, dinas, badan, kelurahan serta kecamatan di Kabupaten RL terbilang masih sangat minim atau diatas rata-rata penilaian.

Hal itu terungkap dalam evaluasi jelang penilaian Adipura tahap kedua yang berlangsung di ruang Pola Setdakab Rejang Lebong, Kamis (21/2). Terkait rendahnya nilai sejumlah intansi pemerintah daerah tersebut, Bupati RL H Suheraman SE MM yang memimpin langsung rapat, mengevaluasi semua instansi pemerintah  daerah.

Pantauan wartawan, evaluasi tersebut dihadiri semua intansi pemerintah, forum koordinasi pimpinan daerah, pimpinan  sekolah dan camat se-Kabupaten Rejang Lebong.

“Hampir semua dinas, badan, kantor, SKPD, kantor camat dan luran serta sekolah hasil nilai penilaian tahap kedua tidak memuaskan, saya minta para kepala untuk melakukan pembenahan, sebelum tanggal 5 Maret 2013 sebelum penilaian tahap pertama,” perintah bupati.

Instansi pemerintah serta pejabat dalamnya, harus bisa memberikan contoh yang baik pada masyarakat, bagaimana masyarakat mau mengikuti aturan pemerintah.

“Massa pejabat kalah dengan masyarakat yang pendidikanya jauh dibawah kita, namun masyarakat bisa bersih, kenapa para pejabat tidak mau bersih yang notabenya untuk kepentingan sendiri, saya tidak mau tahu, pokoknya kita harus memperoleh piala Adipura lagi,” kata bupati.

Bupati juga mengaku, bukan piala yang kita harapkan, namun kebersihan untuk kesehatan lingkungan bersama-sama. “Saya ingatkan, bukan piala yang kita kejar, namun kebersihan hidup dilingkungan masing-masing,”katanya.

Dalam evaluasi itu juga, Bupati meminta Asisten II setdakab Rejang lebong Makhran untuk membentuk tim yang disebarkan ke kantor, dinas, badan, intansi, lurah, seklah dan camat.

“Saya minta asisten II catat, mana-mana kantor yang tidak mau melakukan pembenahan, kalau memang tidak mau berubah buat apa dipertahankan, masih banyak yang mau menjabat dan bekerja dengan baik untuk kepentingan bersama,” kecam Bupati.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup dan pertamanan kota (BLHKP) kabupaten Rejang lebong Anom Chan, menjelaskan, dari dinas instansi, kantor yang memenuhi kriteria dari rata-rata penilaian adipura hanya beberapa dinas saja dan lainya masih dibawah nilai rata-rata penilaian yang standarnya mendapatkan nilai 76.

“Paling bagus penilaian yakni didinas pariiwisata Rejang lebong dan terburuk dikantor camat Curup kota,”ujar Anom dikonfirmasi sejumlah wartawan.

Ada beberapa kriteria yang harus dibenahi dalam penilaian Adipura tahap 2 yang akan dimulai tanggal 5 maret 2013 yakni masalah kebersihan kantor, drainase, bak sampahj tertutup, WC dan lain sebagainya. “Harapan kami maisng-masing dinas, skpd, kantor dan intansi serta pihak terkait untuk segera melakukan pembenahan agar nilai yang diperoleh mencukupi standar nilai perolehan Piala adipura tahun 2013 ini,” harap Anom. (999)