Adik Agusrin Gantikan Junaidi?

Sultan-najamudinBENGKULU, BE – Adik kandung mantan Gubernur Bengkulu H Agusrin M Najamudin, yaitu Sultan B Najamudin diprediksi kuat menjadi pengganti Junaidi Hamsyah, untuk menduduki wakil gubernur (wagub) yang telah ditinggalkannya setelah diangkat menjadi gubernur. Sultan yang akan mengikuti pemilihan Wagub melawan Dian A Syahroza, dari penelusuran BE memiliki dukungan lebih banyak di DPRD Provinsi. Sehingga peluang Sultan lebih besar dibandingkan Dian A Syahroza.  Informasi yang berkembang, Sultan memiliki dukungan setengah lebih dari total jumlah anggota Dewan. Sultan sendiri, mengaku mengikuti skenario Tuhan, sehingga apapun yang terjadi akan diterimanya. “Saya tidak pernah merencanakan apa-apa. Tetapi, saya akan menjalani skenario Tuhan, apa itu menjadi wagub, atau apa itu menjadi anggota DPD RI,” ujarnya.
Sedangkan Dian A Syahroza menyerahkan kepada anggota DPRD Provinsi untuk menentukan pilihannya masing-masing. “Mereka itu, keluarga saya, teman-teman saya. Jadi, silahkan mereka menentukan pilihannya masing-masing,” ujarnya.
Dari 6 fraksi di DPRD Provinsi, empat fraksi yaitu Fraksi Raflesia Bersatu, Fraksi Perjuangan Rakyat, Fraksi PKS, dan Fraksi PAN diprediksi mendukung Sultan B Najamudin. Sedangkan Fraksi Demokrat terpecah menjadi dua arah dukungan ke Sultan dan Dian. Sedangkan fraksi Golkar yang memiliki kursi terbanyak di DPRD Provinsi diprediksi mendukung Dian A Syahroza.
Sementara itu pemilihan wagub bakal dilaksanakan pertengahan bulan ini. Saat ini, panitia Pilwagub sedang mengodok tata tertib persyaratan pemilihan cawagub. “Saya pastikan pemilihan wagub tidak akan berlama-lama. Minggu depan sudah dilaksanakan pilwagub,” ujar Parial SH, salah seorang panitia Pilwagub.
Dia mengatakan, Cawagub yang telah direkomendasikan gubernur tetap harus melengkapi syarat-syarat sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal ini dilakukan agar, legitimasi pilwagub sangat kuat. “Syarat-syarat harus dipenuhi, agar siapapun yang terpilih tidak membuka peluang untuk di PTUN-kan,” ujarnya.(100)