ADD dan DD Cair Usai Lebaran

Bakti/Bengkulu Ekspress Beberapa Kades dan Sekdes saat menunggu proses verifikasi berkas usulan pencairan DD dan ADD tahun 2019 di BKD Kabupaten Benteng, kemarin (27/5).

BENTENG, Bengkulu Ekspress– Sebanyak 29 desa di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) terpaksa gigit jari karena Alokasi Dana Desa (ADD) yang memuat tentang pembayaran gaji Kepala Desa (Kades) beserta perangkat nampaknya disalurkan setelah lebaran Idul Fitri. Begitu pula dengan dana desa (DD) bantuan dari pemerintah pusat yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur serta pemberdayaan masyarakat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Benteng, Welldo Kurniyanto SE MM menjelaskan, pencairan DD untuk 29 desa tersebut terpaksa diundur dikarenakan belum menyampaikan syarat pencairan berupa dokumen anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun anggaran 2019.

“Sampai hari ini (kemarin,red), masih ada yang belum menyampaikan syarat pencairan DD dan ADD. Yaitu, sebanyak 29 desa,” ungkap Welldo.

Lebih lanjut, Welldo mengungkapkan, saat ini pihaknya masih disibukkan dengan proses pencairan anggaran dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dimulai dari usulan tambahan penghasilan pegawai (TPP) hingga usulan pembayaran gaji 14 atau tunjangan hari raya (THR). “Bagi yang belum mengajukan usulan, terpaksa pencairan baru akan diproses setelah lebaran nanti,” jelasnya.

Dari 142 desa yang ada, ada 33 desa yang sudah menerima ADD dan DD tahap I tahun 2019. Sedangkan, 80 desa sudah menyampaikan usulan dan masih dalam proses verifikasi. “Khusus usulan yang berasal dari 80 desa, saat ini masih dalam proses verifikasi. Jika tak ada aral melintang, DD dan ADD akan disalurkan pada hari Selasa dan Rabu (besok),” demikian Welldo.(135)